Bekasi Operasikan Dua Mesin 'ATM' Dukcapil
Anjungan dukcapil mandiri (dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Kota Bekasi akan mengoperasikan dua mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Layaknya mesin ATM, warga bisa memanggunakannya untuk mencetak dokumen kependudukan dengan mudah.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bekasi Taufiq Rachmat Hidayat, mengatakan pengoperasian mesin ini layaknya mesin ATM yang diluncurkan Menteri Dalam Negeri Pak Tito Karnavian pada akhir tahun 2019 lalu. Kehadiran mesin ADM akan mempermudah proses pembuatan dan pencetakan administrasi kependudukan.

"Satu mesin kita beli menggunakan dana insentif daerah satunya lagi pinjaman dari Kemendagri, kata Taufiq seperti dikutip dari Antara, Kamis 13 Agustus. 

Rencananya, kata dia, dua mesin ADM itu bakal dioperasikan di area Mal Pelayanan Publik BTC (Bekasi Trade Center). Sedangkan satu mesin ADM lagi bakal ditaruh di area Kantor Pemerintah Kota Bekasi.

"Yang satu sengaja di Kantor Pemkot karena bisa saja 24 jam, karena dari segi keamanan di sana kan ada petugas," imbuhnya.

Hadirnya mesin ADM ini juga untuk sarana penunjangnya. Selain pelayanan online luncuran Kota Bekasi yakni e-Open. Ke depannya, setiap MPP akan diberikan mesin ADM seperti di Plaza Cibubur, Plaza Pondok Gede dan BTC Bekasi Timur.

"Rencana awalnya itu kita mau tiap MPP ada mesin ADM. Kita ada MPP di Plaza Cibubur, Plaza Pondok Gede dan BTC. Tapi karena ada pandemi COVID-19 ini sehingga sebagian anggaran kita terkena refocusing," ia menambahkan.