Erick Tohir Bisa Jadi Capres Paling Kuat dari Klaster Menteri
Menteri BUMN Erick Thohir di Labuan Bajo (Foto via BUMN)

Bagikan:

JAKARTA - Pengamat politik sekaligus Direktur Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago menilai, Menteri BUMN Erick Thohir bisa menjadi kandidat calon presiden paling kuat dari klaster menteri yang potensial untuk maju dalam kontestasi Pilpres 2024. Menurutnya, Erick punya capaian prestasi mumpuni yang bisa menjadi modal bersaing menjadi RI-1.

"Prestasi dan capaian Erick Thohir saat ini adalah bagian dari bonus elektoral modal untuk Pilpres 2024," ujar Pangi dalam keterangan kepada wartawan, Senin, 6 Desember.

Pangi menjelaskan, berdasarkan data yang dirilis Voxpol pada April 2021, Erick Thohir merupakan salah satu Menteri Jokowi dengan kinerja yang dianggap publik terbaik.

"Pada survei itu pula, simulasi Voxpol Center menempatkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo jika dipasangkan dengan Erick Thohir sebagai calon duet terkuat pada Pilpres 2024," katanya.

Hasil survei Voxpol ini kemudian diperkuat survei nasional Indikator Politik Indonesia yang dirilis pada Minggu, 5 Desember. Di mana, dalam hasil survei Indikator Polirik, menunjukkan simulasi duet Ganjar-Erick mengungguli Prabowo Subianto-Puan Maharani serta Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

"Hasilnya, Ganjar-Erick mendapat dukungan tertinggi 31,1 persen. Anies-Sandi sebanyak 30,8 persen dan Prabowo-Puan sebesar 28,1 persen. Sedangkan, tidak menjawab atau tidak tahu sebesar 10 persen," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi.