IHSG Dibuka di Zona Hijau , Analis Rekomendasikan Koleksi Saham-Saham BUMN
Gedung Bursa Efek Indonesia. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka di zona hijau pada perdagangan Kamis 13 Agustus. IHSG dibuka menguat 0,24 oersen atau 12,41 poin ke level 5.245,86.

Membuka perdagangan, 53 saham menguat, 9 saham melemah, dan 12 saham stagnan. Volume perdagangan tercatat 25,21 juta lembar saham dan ditransaksikan senilai Rp13,45 miliar.

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi memproyeksi indeks hari ini akan bergerak di zona hijau dengan support dan resistance di level 5.180 hingga 5.290.

"Secara teknikal, IHSG melanjutkan penguatan dan tren positifnya mendekati area resistance," kata Lanjar.

Dia pun merekomendasikan sejumlah saham pada sesi perdagangan hari ini, yaitu PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI).

Kemudian, saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT Pakuwan Jati Tbk (PWON), Astra Internasional Tbk (ASII), PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP), dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR).

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama juga memperkirakan IHSG hari ini bergerak naik ke level 5.172 hingga 5.293. Hal itu didorong optimistisme pelaku pasar terhadap perkembangan uji coba vaksin.

"Pelaku pasar mengapresiasi perkembangan vaksin corona yang pesat," kata Nafan.

Selain itu, pelaku pesar mengapresiasi komitmen pemerintah dalam memberikan stimulus. Hal itu dapat membantu pemulihan ekonomi di masa pandemi COVID-19.

Nafan pun merekomendasikan sejumlah saham pada perdagangan hari ini, seperti PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), PT Erjaya Swasembada Tbk (ERAA), PT Estika Tata Tiara Tbk (BEEF), PT PT Eagle High Plantations Tbk (BWPT), PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK), dan PT London Sumatra Tbk (LSIP).