Survei Politik Indikator: Duet Ganjar-Airlangga Kalahkan Anies-Erick
Ganjar Pranomo bertemu dengan Airlangga Hartarto di Klaten. (Foto Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia mensimulasikan pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024.

Ada dua simulasi yang dibuat dengan masing-masing 3 pasangan yang akan bertarung. Simulasi pertama, misalnya, pasangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Menteri BUMN Erick Thohir, diadu dengan pasangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo-Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto-Ketua DPR RI Puan Maharani.

Hasilnya, pasangan Prabowo-Puan memimpin dengan mendapat 29,6 persen pemilih. Sementara pasangan Ganjar-Airlangga berada di posisi kedua dengan perolehan 28,8 persen. Kemudian, pasangan Anies-Erick dengan 28,2 persen.

"Ini kita tidak tahu lagi siapa yang unggul karena perbedaannya sangat tipis 3 pasangan ini," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam paparannya secara daring, Minggu, 5 Desember.


Sedangkan, simulasi kedua, Anies Baswedan diduetkan dengan Menparekraf Sandiaga Uno. Ganjar Pranowo dipasangkan dengan Menteri BUMN Erick Thohir, sedangkan Prabowo masih disandingkan dengan Puan.

Berbeda dengan simulasi pertama, pasangan Prabowo-Puan 'melempem' dalam simulasi ini dengan hanya mengantongi 28,1 persen. Juaranya adalah duet Ganjar-Erick dengan 31,1 persen, sedangkan pasangan Anies-Sandi di posisi runner up dengan 30,8 persen.

"Lagi-lagi tidak ada bedanya, sangat signifikan," kata Burhanuddin.

Survei ini dilakukan secara tatap muka yang digelar pada 2 hingga 6 November 2021 dengan melibatkan 2020 orang. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.