Gegara Ancaman Varian Omicron, Anies Tunda Turnamen dan Soft Launching JIS 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/DOK VIA ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk menunda pelaksanaan turnamen International Youth Championship (IYC) 2021 sekaligus soft launching Jakarta International Stadium (JIS).

Sedianya, rangkaian turnamen IYC 2021 akan digelar pada tanggal 4 hingga 11 Desember 2021. Namun, akibat ancaman COVID-19 varian B.1.1.529 atau Omicron yang telah menyebar di sejumlah negara, penyelenggaraan tersebut ditunda.

"Dengan melihat perkembangan Omicron di berbagai belahan dunia dan dapat dengan pemerintah pusat dan Pemprov Bali, maka kami menyampaikan penangguhan IYC yang sedianya diselenggarakan 4-11 Desember 2021 di Bali dan Jakarta," kata Anies dalam konferensi pers virtual, Jumat, 3 November.

Anies menuturkan, hal ini sesuai dengan arahan pemerintah pusat. Pemerintah mengantisipasi masuknya varian Omicron dari kegiatan yang melibatkan banyak warga asing.

"Kami apresiasi sikap pemerintah pusat yang amat berhati-hati ini terutama dalam memilih untuk ekstra ketat menjaga perbatasan, membatasi kegiatan dengan peserta dari luar negeri, dan juga sangat ketat membattasi kegiatan yang dapat menimbulkan daya tarik bagi publik untuk busa mengikutinya," jelas Anies.

Anies tak menyebutkan sampai kapan penundaan turnamen IYC dan soft launching JIS dilakukan. Yang jelas, kata dia, kegiatan ini akan dimulai kembali jika situasi penyebaran varian Omicron bisa lebih terkendali dan dapat diprediksi.

"Walaupun pada akhirnya kegiatan ini harus ditunda, namun pada semua bahwa sampai dengan menit-menit terakhir keputusan itu diambil, ada begitu banyak pihak yang telah bekerja keras, telah mengeluarkan semua sumber dayanya, energi untuk menyiapkan acara ini," ujar Anies.

Sebagai informasi, turnamen IYC 2021 ini merupakan hasil kolaborasi antara Pemprov DKI dengan Pemprov Bali dan Pancoran Soccer Field (PSF). Direncanakan, turnamen ini akan menghadirkan klub Real Madrid, Atletico Madrid, dan Barcelona.

Ketiga klub asal Spanyol ini nantinya akan bertanding dengan tim All Star Indonesia U20 di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.