Polda Sulsel Siapkan 4.500 Personel Amankan Natal-Tahun Baru 
Kapolda Sulsel Irjen Nana Sudjana/ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan menyiapkan 4.500 personel untuk mengamankan perayaan Natal tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, sebagai langkah antisipasi dan tercipta Kamtibmas di masa pandemi COVID-19.

"Kepolisian seluruh Indonesia akan melaksanakan Operasi Lilin Lipu tahun 2021 dan 2022. Jadi, operasi ini terkait dalam rangka kita mengamankan pelaksanaan kegiatan ibadah umat Kristiani dan malam Tahun Baru," kata Kapolda Sulsel Irjen Nana Sudjana seusai bertemu jajaran Pimpinan DPRD Sulsel, di Makassar dikutip Antara, Senin, 24 November.

Kapolda Sulsel menjelaskan, personel yang disiapkan sebanyak 4.500 orang tersebut dari Polda, Polres dan Polsek setempat dalam hal mengamankan kegiatan keagamaan dan malam tahun baru, sesuai arahan pemerintahan pusat.

Selain itu, kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dinaikkan menjadi level 3 menjelang Natal dan Tahun Baru, kata dia, maka dipandang perlu penebalan personel dalam hal pengamanan demi mencegah penularan COVID-19 gelombang ketiga.

"Kami dalam hal ini TNI Polri dibantu pemda bisa dikatakan garda terdepan. Kami sudah harus mengamankan kebijakan (PPKM) ini yang rencana mulai 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022. Penerapannya akan kami kawal," kata Irjen Nana menekankan.

Pihaknya sangat berharap kepada masyarakat agar pengalaman gelombang kedua jangan sampai terulang. Sebab sejauh ini kasus baru COVID-19 di Sulsel terus menurun, walaupun yang terpapar angkanya masih fluktuatif.

"Saya minta, mohon kesadaran masyarakat untuk tetap disiplin Protokol Kesehatan. Jadi, penurunan pandemi ini jangan dianggap sudah selesai, ini kita masih belum selesai, penularan COVID-19 masih mengintai kita," harapnya.

Kapolda Sulsel juga meminta dukungan dari jajaran DPRD, baik Ketua, maupun Wakil Ketua dan anggota DPRD Sulsel untuk saling bekerja sama, bersinergi dalam hal kebersamaan menyelesaikan permasalahan yang ada agar diatasi bersama mencari solusi terbaik.