Polda Sulsel Kerahkan Ribuan Personel Jaga Keamanan Natal-Tahun Baru
Kapolda Sulsel Irjen Nana Sudjana. ANTARA Foto/HO-Dok.Pribadi.

Bagikan:

MAKASSAR - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan akan meningkatkan pengamanan dengan menerjunkan ribuan personel gabungan TNI-Polri dalam mengawal perayaan Natal dan Tahun Baru 2023.

Kapolda Sulsel Irjen Nana Sudjana mengatakan sebanyak 4.840 personel gabungan Polri-TNI dan instansi terkait bakal dikerahkan.

"Ribuan personel itu akan dilibatkan dalam operasi gabungan bersandi Operasi Lilin. Jadi dalam waktu dekat, kami akan melaksanakan Operasi Lilin 2022," kata Nana di Makassar dilansir ANTARA, Kamis, 15 Desember.

Tujuannya, kata dia, untuk mengantisipasi adanya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023.

Adapun rincian personel yang terlibat, terdiri dari Polri sebanyak 2.429 orang dan instansi terkait 2.151 personel. Selain instansi pemerintah, Polda Sulsel akan menggandeng pula tokoh-tokoh agama dan masyarakat untuk turut berperan dalam menjaga kondusivitas saat Natal dan Tahun Baru 2023.

"Jadi kegiatan Operasi Lilin 2022 ini dalam rangka kita mengamankan kegiatan-kegiatan keagamaan Natal dan Tahun Baru 2023," ujarnya.

Pelaksanaannya, lanjut Nana, akan berlangsung selama 10 hari, mulai 24 Desember mendatang hingga 2 Januari 2023.

Sebelum Operasi Lilin 2022 digelar, kata Nana, pihaknya juga telah dan melangsungkan operasi pra atau cipta kondisi.

Adapun sasaran Operasi Lilin nantinya akan menyasar tempat-tempat ibadah, khususnya umat Kristiani. Begitu juga tempat-tempat keramaian seperti, pasar, pusat perbelanjaan dan juga lokasi wisata.

"Kemudian juga kita akan melakukan pengamanan orang, artinya orang-orang yang beribadah dari umat Kristiani dan juga masyarakat yang akan melakukan liburan," ucapnya.