Polda Aceh Kerahkan 1.294 Personel Amankan Natal-Tahun Baru
Kapolda Aceh Irjen Ahmad Haydar memasang pita operasi pengamanan nataru kepada personel di Mapolda Aceh, Banda Aceh. ANTARA/HO/Bidhumas Polda Aceh

Bagikan:

BANDA ACEH - Kepolisian Daerah (Polda) Aceh mengerahkan 1.294 personel pada Operasi Lilin Seulawah 2022 untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023.

Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Winardy mengatakan operasi digelar 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

"Operasi digelar untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat di Provinsi Aceh saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2023," katanya dilansir ANTARA, Jumat, 23 Desember.

Operasi didukung 1.035 personel dari instansi terkait, seperti TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan lainnya.

Untuk operasi pengamanan, kata Winardy, Polda Aceh mendirikan 24 pos pengamanan dan 22 pos pelayanan. Pos-pos tersebut didirikan di perbatasan, terminal, pelabuhan, bandar udara, dan tempat publik lainnya.

"Sasaran operasi di antaranya pengamanan rumah ibadah, objek pergantian tahun, destinasi pariwisata, pusat perbelanjaan, maupun tempat-tempat keramaian lainnya," kata Winardy.

Secara terpisah, Kapolda Aceh Irjen Ahmad Haydar mengimbau masyarakat memanfaatkan aplikasi seperti pembelian tiket kapal, penginapan, dan lainnya saat liburan Natal dan Tahun Baru 2023.

"Tujuan penggunaan aplikasi tersebut untuk memudahkan masyarakat sehingga tidak terjadi penumpukan, seperti saat membeli tiket kapal tidak perlu antre," katanya.

Dia menyebutkan keberhasilan pengamanan merupakan tanggung jawab bersama yang harus diselesaikan. Oleh karena itu, seluruh personel pengamanan agar memperkuat sinergi dan soliditas selama pelaksanaan tugas.

Personel diharapkan agar menjadikan operasi pengamanan sebagai kebanggaan. Karena itu, katanya, laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, profesional, humanis, dan pahami tugas maupun fungsinya masing-masing.