Khawatir Lonjakan COVID-19 seperti Lebaran, Politikus PDIP Ingatkan Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Tak Mudik di Akhir Tahun
Ilustrasi (VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI, Rahmad Handoyo, mengingatkan semua komponen bangsa untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak melakukan perjalanan (mudik) pada libur natal dan tahun baru. Terlebih, ada ancaman baru dari COVID-19 yang terjadi di beberapa negara.  

Menurutnya, keputusan larangan mudik dari pemerintah merupakan hak yang baik sebagai bentuk perlindungan negara terhadap masyarakat.

“Saya harus sampaikan, aturan tersebut tidak akan cukup jika tidak disertai dengan kesadaran dan kepatuhan masyarakat untuk tidak mudik,” ujar Rahmad kepada wartawan, Jumat, 26 November. 

Rahmad menilai, menghadapi ancaman virus corona termasuk menghalau kemungkinan masuknya gelombang ketiga, tidak akan berjalan efektif jika hanya dilakukan sepihak oleh pemerintah.

Pemerintah, kata dia, dengan seperangkat aturan, termasuk kerjasama TNI Polri tidak akan sanggup mengawasi apabila kesadaran masyarakat untuk tidak mudik belum tumbuh.

“Artinya, kita bisa mengendalikan COVID-19 dan mengubah pandemi jadi endemi jika semua elemen bangsa, termasuk masyarakat bergerak bersama. Lagi pula, kita semua kan ingin selamat? Ya kita semua, pemerintah, masyarakat harus berjuang bersama. Lagi pula, kalau bukan kita yang memperjuangkan keselamatan kita, ya siapa lagi?” kata politikus PDIP itu. 

 

Legislator Jawa Tengah itu lantas mengingatkan kembali peristiwa tragis Tanah Air usai Lebaran 2021 Lalu. Kala itu, kata Rahmad, pemerintah sudah menerapkan aturan larangan mudik.

 

Namun, kenyataannya masih sangat banyak masyarakat yang tidak peduli dan nekat pulang ke kampung halaman. Akhirnya, lonjakan kasus pun terjadi. 

"Nah, masyarakat perlu kita ingatkan agar berkaca pada situasi usai lebaran pada bulan Juli lalu, dimana ribuan orang yang meninggal setiap hari, rumah sakit pun nyaris lumpuh. Tentu kita tidak mau kejadian memilukan usai Lebaran lalu terulang di tahun baru nanti," katanya 

 

"Karena itu kesadaran untuk tidak mudik dihari libur Nataru ini harus terus disosialisasikan dan digelorakan,” imbau Rahmad.