2.645 Personel Gabungan Amankan Demo Ormas PP di Gedung DPR RI dan Patung Kuda Gambir
Petugas gabungan mengamankan demo hari ini di Jakarta/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Polres Metro Jakarta Pusat mengerahkan ribuan personil gabungan guna melakukan pengamanan aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat dan Gedung DPR RI, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Apel gabungan tersebut dilakukan di lapangan Cawang Monas, Jakarta Pusat.

"Sebanyak 2.645 personil gabungan TNI, Polri dan Pemda dikerahkan pada pengamanan unjuk rasa hari ini," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Hengki Haryadi, Kamis 25 November.

Personel nantinya akan di bagi area pengamanan di dua titik unjuk rasa, yakni di kawasan Patung Kuda dan Gedung DPR RI.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, anggota Kepolisian Lalu Lintas mengamankan di dua titik aksi unjuk rasa yang dibagi menjadi dua shift pagi, sore hingga malam.

"Kurang lebih 400 orang anggota lalu lintas dikerahkan. Saat ini belum (pengalihan arus), tapi massa aksi beberapa sudah ada yang datang. Rekayasa lalin akan kita laksanakan sampai massa membubarkan diri," katanya kepada wartawan, Kamis 25 November.

Kombes Sambodo mengatakan, aksi unjukrasa hanya sampai pukul 18.00 WIB. Ia berharap para pengunjuk rasa bisa melaksanakan aspirasi secara damai dan tertib.

"Untuk masyarakat lainnya kami imbau hari ini dimohon untuk menghindari kawasan Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, khususnya di Patung Kuda dan Jalan di depan DPR MPR. Karena sampai sore hari ini, kalau ada penumpukkan massa akan terjadi kemacetan," katanya.