Operator Kereta Peluru Shinkansen JR East Hadirkan Gerbong Kantor untuk Pekerja <i>Online</i>
IIlustrasi tempat duduk Gran Class di kereta peluru shinkansen Jepang. (Wikimedia Commons/Asacyan)

Bagikan:

JAKARTA - East Japan Railway Co. (JR East) pada Hari Senin meluncurkan 'gerbong kantor' di atas kereta peluru shinkansen tertentu, di jalur yang menghubungkan Tokyo dan bagian utara dan tengah negara itu, untuk memenuhi permintaan yang meningkat akan gaya kerja baru di tengah pandemi virus corona.

Tanpa biaya tambahan dan hanya pada hari kerja, penumpang di gerbong No. 8 di jalur Tohoku, Joetsu dan Hokuriku sekarang dapat berbicara di telepon dan berpartisipasi dalam rapat online dari tempat duduk mereka, aktivitas yang tidak diizinkan di gerbong lainnya.

"Kami ingin mendukung cara kerja baru yang tidak terikat waktu dan tempat," ujar seorang pejabat operator kereta api yang dikenal sebagai JR East, yang memulai layanan setelah berhasil melakukan uji coba, mengutip Kyodo News 22 November.

Media diberi akses di dalam kereta peluru Hokuriku yang sedang berjalan pada hari Senin, di mana sebuah stiker bertuliskan "gerbong kantor" telah dipasang di pintu gerbong No. 8, dengan selebaran yang menjelaskan layanan tersebut ditempatkan di kursi.

Seorang staf JR East mendemonstrasikan kepada media bagaimana dia bekerja dari jarak jauh, menggunakan headphone peredam bising.

shinkansen
Ilustrasi tempat duduk Gran Class di kereta peluru shinkansen Jepang. (Wikimedia Commons/yisris)

Penumpang juga dapat meminjam 'kacamata pintar' yang mampu memproyeksikan isi layar laptop mereka di depan mata mereka. Pada kereta peluru di jalur Tohoku, mereka juga akan dapat menggunakan pembatas kecil gratis, untuk diletakkan di sekitar meja kursi mereka, dengan ukuran yang sama sedang dipertimbangkan untuk jalur Hokuriku dan Joetsu.

Ruang kerja jarak jauh di dalam shinkasen juga tersedia di jalur shinkansen operator kereta api yang berbeda di Hokkaido, yang terhubung langsung ke jalur Tohoku.

JR East berharap, layanan baru ini akan membantu orang-orang melakukan perjalanan 'kerja', di mana mereka menggabungkan pekerjaan online dengan perjalanan, sementara juga merangsang permintaan untuk perjalanan bisnis, yang telah menurun karena pandemi COVID-19.

Guna menghindari kepadatan, gerbong kerja tidak akan tersedia pada akhir pekan, hari libur nasional dan liburan Tahun Baru.

Sementara ini, tampilan eksterior gerbong kantor dan kursi tidak akan berubah, meskipun JR East mengatakan mereka akan mempertimbangkan untuk melakukan perubahan di masa depan.

Untuk diketahui, Central Japan Railway Co. dan West Japan Railway Co. juga telah menguji coba pengenalan ruang kerja di dalam gerbong sejak Oktober di kereta superexpress Nozomi di jalur Sanyo Shinkansen dan Tokaido Shinkansen yang melintasi kota-kota besar Jepang di Tokyo, Nagoya, Osaka dan Fukuoka .