Kabaharkam Rekomendasikan Satuan Polisi Khusus yang Bertugas Amankan Kawasan Mandalika
Ilustrasi-(Foto: DOK ANTARA)

Bagikan:

NTB - Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Arief Sulistyanto mengatakan, pihaknya sudah merekomendasikan ada satuan polisi khusus yang bertugas dalam pengamanan di kawasan Mandalika.

"Kami sudah beri rekomendasi pimpinan Polri untuk membentuk satuan kepolisian kawasan pariwisata super prioritas di Mandalika," kata Arief di Lombok Tengah, Antara, Kamis, 18 November. 

Rekomendasi, lanjutnya, juga telah ditindaklanjuti oleh Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Aspek pertimbangannya dilihat dari pengamanan rutin kepolisian yang tidak bisa disetarakan dengan dunia wisata. Menurut dia, harus ada penyesuaian di lapangan yang lebih inovatif dan humanis.

Karena itu, Kabaharkam menilai pengamanannya harus dilaksanakan secara tepat, baik dari kesiapan personel, perlengkapan dan fasilitas penunjang pengamanan kawasan wisata.

"Tinggal nanti bagaimana dikoordinasikan, agar pengamanan di sini betul-betul ditangani secara khusus oleh satuan kepolisian kawasan yang memiliki kompetensi perlengkapan dan cara bertindak yang tepat," ujarnya.