Gubernur Kalteng Sugianto Sabran Janjikan Penanganan Banjir Optimal
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menjanjikan penanganan banjir di wilayahnya secara cepat dan optimal termasuk dalam hal penyaluran bantuan.

“Kami mengimbau warga untuk bersabar. Kami dari pemerintah daerah berupaya melakukan penanganan dan bantuan secara cepat dan optimal terhadap kondisi banjir saat ini,” kata Sugianto di Palangka Raya dikutip Antara, Selasa, 16 November.

Sugianto dalam kunjungannya ke lokasi banjir berkesempatan melihat langsung kondisi tenda-tenda pengungsian bagi masyarakat terdampak banjir di sejumlah wilayah di Kota Palangka Raya, guna memastikan secara langsung kondisi di lokasi sekitar banjir dan kesiapan tenda pengungsian warga.

Sugianto beranjak dari rumah jabatan pukul 00.00 wib, menuju ke wilayah Jalan Pelatuk II dan bertemu Wali Kota Palangka Raya Fairid Nafarin yang juga sedang mengecek kondisi banjir dan pengungsian warga.

Sambil melakukan pengecekan bersama, keduanya sekaligus berkoordinasi untuk melakukan upaya penanganan awal, baik kesiapan tenda pengungsian, kesiapan dapur umum, serta bantuan lain seperti selimut dan bahan pokok untuk keperluan secara darurat.

“Kebetulan bertemu wali kota di tenda pengungsian sekitar lokasi banjir. Kami berkoordinasi untuk penanganan awal, kesiapsiagaan membantu warga," jelas Sugianto.

Selain itu, pihaknya juga mengarahkan Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kalimantan Tengah agar berkoordinasi dengan kabupaten/kota dalam upaya penanganan terhadap dampak banjir saat ini.

"Sama-sama kita berdoa, semoga banjir ini cepat surut,” ucapnya.

Di lokasi, Sugianto didampingi Plt Kepala BPBPK Kalteng Erlin Hardi mendatangi warga yang sedang beristirahat dan berdialog  dengan mereka yang masih terjaga. 

Selain itu, Sugianto juga menuju SDN 1 Langkai, untuk mengecek dan memastikan ketersediaan sarana untuk membantu warga di pengungsian yang kemudian dilanjutkan ke kawasan Pelabuhan Rambang, Jalan Riau, untuk mengecek kondisi di wilayah Jalan Kalimantan dan sekitarnya.