Raih 114 Medali Emas dan Hampir Pasti Juara Umum Peparnas, Jokowi Ucapkan Selamat ke Atlet Papua
Presiden Joko Widodo (Foto: Tangkap Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokwoi) memberi ucapan selamat kepada Provinsi Papua yang hampir pasti menjadi juara umum Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2021.

Dalam pencatatan perolehan medali Peparnas Papua per Jumat, 12 November malam, Papua berhasil meraih 114 medali emas, 72 medali perak, dan 75 medali perunggu.

Hal ini ia sampaikan saat menyaksikan sejumlah pertandingan yang tengah berlangsung di Gelanggang Olahraga (GOR) Trikora dan GOR Cendrawasih, Kota Jayapura.

"Di Perparnas, Provinsi Papua menempati tempat yang paling atas. Selamat," kata Jokowi dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu, 13 November.

Hari ini, Jokowi menyaksikan pertandingan judo penyandang disabilitas dengan tunanetra.

Ia didampingi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, hingga Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia.

Jokowi berharap pertandingan di hari terakhir berjalan lancar dan dapat ditutup dengan kesuksesan penyelenggaraan Peparnas di Papua.

"Kita harapkan, dengan Peparnas yang kita lalui dengan baik, saya ingin menyampaikan selamat kepada Papua, yang pertama telah sukses menyelenggarakan PON dan kedua sukses menyelenggarakan Peparnas," ungkap Jokowi.

Melanjutkan, Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia menuturkan bahwa kehadiran Jokowi dalam penutupan Peparnas merupakan bentuk dukungan kepada para atlet disabilitas dari seluruh kontingen Indonesia.

"Bapak Presiden juga selalu berpesan untuk semua teman-teman atlet di seluruh Indonesia untuk selalu meningkatkan potensi-potensinya," ujarnya.

Angkie menyebut Jokowi bangga dengan seluruh atlet-atlet penyandang disabilitas. Angkie yakin atlet ini mampu berlaga dan menunukkan potensinya seperti atlet pada umumnya.

"Maka dari itu sukses terus untuk semua atlet, dan Pak Presiden apresiasi dan berterima kasih terhadap seluruh official, pelatih, atlet yang mendukung. Pemerintah pusat dan daerah melakukan sinergi yang sangat luar biasa menghadirkan peparnas ke-16 ini," pungkas Angkie.