Plt Gubernur Sulsel Imbau ASN Muslim Baca Al-Qur'an Sebelum Kerja dan Salat Berjamaah saat Dengar Azan, MUI: Kami Dukung
Ketua Umum MUI Sulsel Prof Dr KH Najmuddin/ Antara

Bagikan:

MAKASSAR - Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, mewajibkan aparatur sipil negara (ASN) di bawah pemerintahannya membaca Al-Qur'an sebelum mulai kerja. Kemudian mereka juga diwajibkan menggelar salat berjamaah saat mendengar azan.

Aturan ini dituangkan dalam surat edaran Plt Gubernur Sulsel nomor 451/10533/B.KESRA tentang imbauan Gerakan Salat Berjamaah dan Literasi Al-Qur'an bagi ASN (Aparatur Sipil Negara) beragama Islam di ruang lingkup Pemprov Sulsel.

Menanggapi hal ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan menyambut baik surat edaran Plt Gubernur Andi Sudirman.

"Kami dari MUI mendukung imbauan Plt Gubernur Sulsel untuk salat berjamaah dan membaca Al-Qur'an minimal dua halaman per hari sebelum mulai pekerjaan," kata Ketua Umum MUI Sulsel Prof Dr KH Najmuddin di Makassar, dilansir Antara, Selasa, 9 November.

Kemudian, MUI juga mengimbau seluruh umat Islam membudayakan Maghrib Mengaji Bersama Keluarga (MMBK). Hal ini agar terbina keakraban dalam lingkup keluarga berdasarkan nilai-nilai Al-Qur'an.

Sebelumnya, Sekretaris Umum MUI Sulsel KH Muammar Bakry juga mengatakan, kebijakan Plt Gubernur Sulsel adalah upaya menumbuhkan tradisi dan budaya Islami di lingkup Pemprov Sulsel.

Selain itu, kata Muammar, langkah tersebut bisa semakin mendekatkan umat muslim dengan kitab suci Al-Qur'an.

"Selama untuk kebaikan dan edaran itu ditujukan khusus untuk umat Muslim, saya kira itu tradisi yang baik. Itu disebut tradisi dan budaya Islami," ujarnya.

Kendati hal tersebut tidak ada dalam hadis maupun ayat Al-Qur'an, ujar Muammar, namun ini menjadi laku yang baik untuk dibiasakan dan dibudayakan guna mendekatkan umat Islam kepada kitab suci kita yakni Al-Qur'an.

Ada dua poin imbauan dalam edaran itu. Disebutkan, edaran tersebut dalam rangka mendukung program Pemprov Sulsel untuk pembinaan mental spiritual, dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala di tengah pandemi COVID-19.

Poin pertama disebutkan, mengimbau seluruh ASN yang beragama Islam lingkup Pemprov Sulsel untuk membaca Al-Qur'an minimal dua halaman per hari sebelum memulai pekerjaan.

Pada imbauan berikutnya, menghentikan seluruh kegiatan saat adzan berkumandang dan segera melaksanakan shalat fardhu secara berjamaah di Masjid/Musallah terdekat.