Bagi Kasal Yudo Margono, Masa Krisis Adalah Ujian Terbaik untuk Seorang Pemimpin
Foto via TNI AL

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono memberi wejangan kepada wisudawan Dikreg Seskoal Angkatan Ke-59 TA 2021.

"Masa krisis adalah masa terbaik bagi seorang perwira untuk menjadi seorang pemimpin sejati. Di situlah semua pengetahuan, pengalaman, karakter dan ketahanan kepemimpinan diuji. Siapkan diri untuk berani menghadapi tantangan dan menang dalam segala situasi kepemimpinan,” ucap Laksamana TNI Yudo Margono, Rabu 3 November.

Acara ini digelar di Gedung Auditorium Yos Sudarso Seskoal, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Kasal didampingi Ketua Umum Jalasenastri Vero Yudo Margono mewisuda 175 Perwira terdiri dari 166 Perwira TNI AL dari berbagai korps yaitu 50 Korps Pelaut, 26 Korps Teknik, 15 Korps Elektronika, 10 Korps Suplai, 39 Korps Marinir, 4 Korps Kesehatan, 7 Korps Khusus dan 4 Korps Polisi Militer, 2 Perwira TNI AD, 2 Perwira TNI AU, 4 Perwira Polisi, serta 4 Perwira Angkatan Laut dari negara sahabat yakni Malaysia, Singapura, Pakistan, dan Uni Emirates Arab.

Kata Kasal, Seskoal sebagai center of excellent on naval and maritime science memiliki peran penting dalam mendidik dan membekali para perwira agar dapat menjadi teknokrat matra laut yang memiliki wawasan yang luas. Termasuk memiliki ide-ide dan pemikiran strategis di bidang keangkatanlautan, kemaritiman, dan pertahanan negara di laut.

Diharapkan dengan menjalani Pendidikan Sekolah Staf Dan Komando Angkatan Laut selama 10 bulan, dapat membentuk para perwira yang memiliki pola pikir, pola tindak, dan pola sikap yang matang, kemampuan analisis yang tajam, serta cakrawala pandang yang luas.

“Pada saatnya menjadi pemimpin, bekal tersebut sangat berguna dalam proses pengambilan keputusan secara cepat dan tepat,” ujar Kasal dikutip dari TNI AL.

Kegiatan Upacara Penutupan Dikreg Seskoal Angkatan ke-59 TA. 2021 diawali dengan penanggalan tanda siswa, penyematan pin Dharma Wiratama dan pemberian penghargaan Dharma Wiratama Parpurna, Dharma Wiratama Cendikia, Dharma Wiratama Widiawacana serta Dharma Wiratama Sumekar, dilanjutkan dengan pemberian ijazah, dan pembacaan siswa terbaik.

Adapun lulusan terbaik pada Dikreg Seskoal Angkatan ke-59 TA. 2021 yaitu Mayor Laut (P) Dani Widjanarka dan terbaik Mancanegara yaitu Major Tay Cheng Han dari Angkatan Laut Singapura dan terbaik penulisan karya ilmiah Tesis Mayor Laut (P) Harun Bekti Haryoko.

Sementara Danseskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, di hadapan para media menyampaikan bahwa Seskoal harus bisa mengikuti perkembangan teknologi dan informasi yang ada sehingga dapat memberikan ilmu yang lebih modern dan lebih maju serta menjadikan lingkungan strategi berdasar pendidikan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, Danpushidrosal Laksdya TNI Agung Prasetiawan, Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat, para pejabat teras Mabesal, para pejabat Kotama TNI AL, para pengurus inti pusat dan kotama Jalasenastri, serta undangan lainnya.