Panglima TNI Inspeksi Pasukan Jelang Sertijab KSAL
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono didampingi KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali saat melakukan "Admiral Inspection" pasukan di Dermaga Pondok Dayung, Jakarta Utara, Rabu (28/12/2022). ANTARA/Syaiful Hakim

Bagikan:

JAKARTA - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono melakukan inspeksi pasukan dan kapal perang (KRI) menjelang Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) kepada Laksamana TNI Muhammad Ali.

"Adminal Inspection" itu dilaksanakan menggunakan KAL Yudhistira dengan rute pelayaran dari Dermaga Kolinlamil menuju Dermaga Sunda Pondok Dayung, Jakarta Utara, Rabu, 28 Desember.

"Admiral Inspection" merupakan salah satu tradisi di lingkungan TNI AL yang dilaksanakan dengan melakukan pemeriksaan terhadap kesiapan unsur-unsur kapal perang TNI AL.

Tradisi ini menjadi bagian dari rangkaian kegiatan serah terima jabatan sebelum menyerahkan tongkat kepemimpinan kepada penggantinya, sekaligus salam perpisahan dari pemimpin lama dan memperkenalkan pemimpin baru.

Saat tiba di Dermaga Pondok Dayung, Laksamana Yudo disambut dengan tembakan "Gun Salute" dari KRI Silas Papare-386 dan KRI Sultan Taha Syaefudin-376 sebanyak dua kali.

Saat bersamaan, KAL Yudistira menerima penghormatan dan parade rol oleh prajurit ABK KRI yang dilanjutkan dengan menampilkan yel-yel serta menyanyikan Gending "Jalesveva Jayamahe".

Pada momen ini akan melintas atraksi Fly Pass Pesud dari Satuan Udara Koarmada RI dengan mengibarkan bendera bertuliskan "Jalesveva Jayamahe".

Setelah tiba di Dermaga Sunda Pondok Dayung Panglima TNI dan Kasal yang baru melaksanakan Inspeksi Ranpur Marinir dan Passusla (Denjaka, Taifib, Kopaska, Koppeba, Penerbang, dan Kapal Selam).

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan kegiatan ini merupakan tradisi TNI AL dalam melaksanakan serah terima pemimpinnya, baik serah terima KSAL maupun serah terima Panglima Armada.

"Kita meninjau unsur-unsur kita, meninjau pasukan-pasukan khusus yang tergelar. Baik pesawat kemudian Marinir, KRI, maupun pangkalan," kata Yudo dikutip ANTARA.

Tak hanya itu, kata dia. sistem senjata armada terpadu (SSAT) yang merupakan satu kesatuan kekuatan TNI AL dicek.

"Dengan begini sekaligus saya pamitan kepada mereka ya tentunya mereka telah melaksanakan tugas selama ini bersama saya dengan baik. Ya, kita serahkan nantinya kepada Kasal yang baru Laksamana Muhammad Ali," tutur Yudo.

Sementara itu, Laksamana Muhammad Ali akan meneruskan kebijakan Laksamana Yudo Margono saat memimpin TNI AL yang sudah sangat maju.

"Saya tentu akan meneruskan dan mengembangkan, minimal sama atau bahkan bisa lebih baik kalau memang didukung kerja sama yang baik," kata Ali.