Admiral Inspection Adalah Tradisi TNI AL Jelang Pergantian KSAL: Laksamana Yudo Pamit
Panglima TNI Yudo Margono melakukan admiral inspection (Antara-Syaiful Hakim)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Admiral Inspection adalah salah satu tradisi di lingkungan TNI AL yang dilaksanakan sebelum tongkat komando kepemimpinan diserahterimakan.

Pada Rabu, 28 Desember 2022 petang, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melakukan Admiral Inspection atau inspeksi pasukan ke seluruh kekuatan tempur TNI Angkatan Laut yang digelar di Dermaga Sunda, Pondok Dayung, Jakarta Utara.

Admiral Inspection

Dilansir dari laman koarmada1.tnial.mil.id, Admiral Inspection adalah salah satu tradisi di lingkungan TNI Angkatan Laut yang dilaksanakan guna memeriksa kesiapan unsur-unsur TNI Angkatan Laut untuk terakhir kalinya, sebelum tongkat komando kepemimpinan diserahterimakan.

Dalam inspeksi pasukan yang digelar pada Rabu petang, admiral inspection dilaksanakan dengan melakukan pemeriksaan terhadap kesiapan unsur-unsur kapal perang TNI AL.

Adminal Inspection itu dilaksanakan menggunakan KAL Yudhistira dengan rute pelayaran dari Dermaga Kolinlamil menuju Dermaga Sunda Pondok Dayung.  

Saat tiba di Dermaga Pondok Dayung, Laksamana Yudo disambut dengan tembakan "Gun Salute" dari KRI Silas Papare-386 dan KRI Sultan Taha Syaefudin-376 sebanyak dua kali.

Saat bersamaan KAL Yudistira menerima penghormatan dan parade rol oleh prajurit ABK KRI yang dilanjutkan dengan menampilkan yel-yel serta menyanyikan Gending bertajuk Jalesveva Jayamahe.

Ilustrasi
Ilustrasi (Antara)

Berikutnya, Panglima TNI dan Kasal yang baru melaksanakan Inspeksi Ranpur Marinir dan Passusla (Denjaka, Taifib, Kopaska, Koppeba, Penerbang, dan Kapal Selam).

Admiral Inspection Tandai Pergantian Komando

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan Admiral Inspection merupakan tradisi TNI AL dalam melaksanakan serah terima pemimpinnya, baik serah terima KSAL maupun serah terima Panglima Armada.

"Kita meninjau unsur-unsur kita, meninjau pasukan-pasukan khusus yang tergelar. Baik pesawat kemudian Marinir, KRI, maupun pangkalan," tutur Yudo, disadur VOI dari laman tni.mil.id, Kamis, 29 Desember 2022.

Tak hanya itu, sistem senjata armada terpadu (SSAT) yang merupakan satu kesatuan kekuatan TNI AL juga turut dicek.

"Dengan begini sekaligus saya pamitan kepada mereka ya tentunya mereka telah melaksanakan tugas selama ini bersama saya dengan baik. Ya, kita serahkan nantinya kepada Kasal yang baru Laksamana Muhammad Ali," ucap Yudo.

Di hadapan prajurit TNI AL di dermaga Pondok Dayung, Panglima TNI mengucapkan terima kasih kepada semua Prajurit yang telah menjalankan tugas dengan baik. Prajurit Jalasena Samudra adalah Prajurit yang memiliki kemampuan khusus yang senantiasa selalu berhadapan dengan gelombang di laut.

Laksamana TNI Yudo Margono berpesan agar seluruh prajurit Jalasena Samudera agar terus bersikap profesional dalam menjalankan tugas dan menjaga kedaulatan, persatuan dan kesatuan bangsa.

"Laksanakan tugas dengan baik, pantang menyerah, pantang mundur, dan tingkat profesionalisme yang selama ini telah dimiliki, serta tetap tegakkan kedaulatan, jaga persatuan dan kesatuan. Kalian prajurit TNI Angkatan laut yang memiliki kepercayaan oleh masyarakat," ucap Panglima TNI.

Ditambahkan Yudo, Admiral Inspection juga merupakan ungkapan telah berakhirnya tugas sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dan digantikan oleh Laksamana TNI Muhammad Ali yang sudah dilantik Presiden Ir. Joko Widodo di Istana Negara.

"Sehingga dengan begini, sekaligus saya pamitan kepada mereka. Tentunya mereka telah melaksanakan tugas selama ini bersama saya dengan baik," pungkasnya.

Sementara itu, Laksamana Muhammad Ali menegaskan bahwa meneruskan kebijakan Laksamana Yudo Margono saat memimpin TNI AL yang sudah sangat maju.

"Saya tentu akan meneruskan dan mengembangkan, minimal sama atau bahkan bisa lebih baik kalau memang didukung kerja sama yang baik," kata Ali.

Demikian informasi seputar admiral inspection yang dilakukan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Admiral Inspection adalah tradisi di lingkungan TNI Al yang menjadi tanda pergantian komando.