Sejumlah Penumpang Pesawat yang Masuk ke Papua Positif COVID-19
Ilustrasi (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah penumpang pesawat yang datang ke beberapa kota di Papua dinyatakan positif COVID-19, setelah dilakukan rapid test. Adapun tes dilakukan setibanya mereka di bandara setempat.

"Memang benar sejak dibukanya penerbangan untuk penumpang telah ditemukan sejumlah kasus di mana setelah dilakukan 'rapid test' ternyata reaktif dan dilakukan tes 'swab' lalu positif COVID-19," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Papua Silwanus Sumule, dilansir Antara, Kamis, 30 Juli.

Dia menjelaskan, kasus positif itu terjadi di Jayapura dan Merauke. Bahkan empat kasus positif terakhir yang saat ini dirawat adalah penumpang yang baru tiba di Merauke.

Dengan adanya kasus ini, dia berharap kepada bandara daerah asal lebih teliti guna mencegah penularan COVID-19.

Adapun secara kumulatif jumlah pasien positif COVID-19 di Papua saat ini sebanyak 2.949 orang. "1.542 orang dirawat, 1.375 orang sembuh dan 32 orang meninggal," kata dia.

Hal tersebut dibenarkan Kadinkes Kabupaten Merauke dr Neville Maskita. Dia mengakui empat kasus pasien positif COVID-19 yang saat ini ditangani sebelumnya melakukan perjalanan dari luar Papua.

Terungkapnya kasus itu, kata dia,  karena Pemkab Merauke melalui gugus tugas memberlakukan pemeriksaan cepat kepada warga yang baru tiba setelah mereka melakukan karantina mandiri.

Setelah dilakukan rapid test ditemukan ada yang reaktif sehingga dilakukan swab yang diperiksa menggunakan tes cepat molekuler (TCM) dan hasilnya positif.

"Saat ini tercatat enam orang dirawat karena positif COVID-19," kata Neville.