Bagikan:

JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebut kementeriannya memiliki anggaran untuk membantu anak-anak yang kehilangan orang tua di masa pandemi COVID-19. Tapi, pemberian bantuan itu belum dilakukan karena masih tahap verifikasi.

"Sebetulnya kami ada anggaran untuk memberikan bantuan untuk anak-anak," ujar Risma kepada wartawan di Mabes Polri, Selasa, 2 November.

Verifikasi yang dimaksud yakni mendata jumlah anak-anak yang terdampak. Sebab, sejauh ini berdasarkan data Kementerian Sosial (Kemensos) tercatat 24 ribu anak yang terdampak.

Karena itu, kata Mensos Risma, masih diperlukan pendataan di tingkat daerah. Sehingga, bantuan bagi seluruh anak yang kehilangan orangtua akibat COVID-19 dapat disalurkan dengan baik.

"Kita belum verifikasi detail karena ini dibutuhkan kecepatan dari daerah untuk mendata mereka," ungkap Risma.

Meski tak merinci bentuk bantuan yang bakal diberikan, Risma menyebut bantuan itu dapat digunakan agar anak-anak terdampak bisa tetap sekolah. Sehingga, pendidikan mereka terjamin dan bisa mencapai cita-cita mereka.

"Mereka tetap semangat bahwa mereka tetap bisa sekolah karena mereka menerima bantuan sosial agar bisa sekolah," singkat Risma.