Ketika Komputer Pertama Apple, Apple-1 Diciptakan
Apple-1 (Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - Pada 11 April 1976, Apple merilis komputer pertamanya, Apple-1. Dirancang dan dibuat sendiri oleh Steve Wozniak, komputer tersebut kemudian dijual oleh Steve Jobs. Namun, agar dapat memproduksinya secara massal, Steve Wozniak dan Steve Jobs harus menghadapi berbagai rintangan. 

Melansir The Vintage, Sabtu 11 April, sekitar sebulan sebelum perilisan Apple-1 dilakukan, duo cerdas tersebut mempresentasikan komputer buatan tangan Wozniak di Homebrew Computer Club di Silicon Valley. Setelah melakukan presentasi, Steve Jobs lalu mendekati sebuah toko komputer lokal, Byte Shop, dalam upaya menjual komputer mereka. 

Usaha Steve Jobs membuahkan hasil. Ia berhasil mendapatkan kontrak untuk menjual 50 komputer di toko tersebut, dengan jumlah total 25.000 dolar AS. Kemudian, satu-satunya hal yang tersisa untuk dilakukan adalah mendapatkan dana untuk memproduksi produk pertama mereka.

Karena dana yang mereka miliki begitu terbatas, Steve Wozniak menjual HP 65 Calculator-nya dan Steve Jobs menjual van Volkswagennya. Namun sayang, mereka masih kekurangan dana sekitar 15.000 dolar AS untuk biaya suku cadang.

Seorang teman lama setuju untuk meminjamkan mereka 5.000 dolar AS dan Jobs meminta pinjaman di bank. Sayangnya, bank menolak pengajuan pinjaman tersebut. Tetapi antusiasme Jobs dalam pembuatan komputer Apple pertama membuat segala proses tetap berjalan. 

Jobs lalu memutuskan untuk pergi ke sebuah toko komponen komputer dan menawarkan mereka saham ekuitas di Apple dengan suku cadang yang mereka butuhkan. Pemilik toko menolak, mengatakan bahwa ia akan menjual suku cadang yang mereka butuhkan jika dibayar di muka.

Ketekunan Jobs akhirnya terbayar ketika dia berhasil meyakinkan manajer toko komponen komputer tersebut untuk menghubungi Paul Terrell, pemilik Byte Shop, untuk mengonfirmasi sebuah klaim bahwa dia sudah menerima pesanan seharga 25.000 dolar AS. Akhirnya duo Steve ini mendapatkan suku cadang yang mereka butuhkan dengan kredit 30 hari setelah konfirmasi Terrell.

Komputer Apple-1 asli dibeli oleh Byte Shop dan dijual dengan harga yang tidak biasa, yaitu 666,66 dolar AS per unit. Wozniak mengatakan bahwa harga itu tidak ada hubungannya dengan pemujaan setan. Woznik menambahkan bahwa ia memilih harga ini hanya karena ia suka angka yang berulang

Sekitar 200 unit terjual oleh Byte Shop hingga September 1977. Apple II lalu diperkenalkan pada April 1977 dan keberhasilan Apple-1 membantu secara signifikan dalam promosi Apple II. Pada 2014, Apple-1 dilelang seharga 905.000 dolar AS.