Luke Shaw: Musim Harus Dibatalkan jika Liga Premier Tidak Bisa Dilanjutkan
Luke Shaw (Twitter @lukeshaw23)

Bagikan:

JAKARTA - Membatalkan musim Liga Premier adalah satu-satunya tindakan jika pertandingan tidak dapat dipenuhi, menurut bek Manchester United Luke Shaw.

Liga Premier, seperti hampir setiap liga lainnya di seluruh Eropa, ditangguhkan hingga batas waktu yang belum ditentukan karena pandemi COVID-19 atau virus corona, meninggalkan Liverpool memimpin 25 poin dalam upaya mengejar gelar liga utama pertama mereka dalam 30 tahun.

Pekan lalu dikonfirmasi bahwa musim tidak akan dilanjutkan pada bulan Mei karena Britania Raya masih berjuang untuk mencegah penyebaran virus corona. Namun dalam waktu bersamaan, tanggal pasti bakal kembalinya Liga Premier juga belum ditentukan.

Saat ini, tanggal yang tersedia untuk klub yang akan kembali memulai kompetisi ada pada bulan Juni dan Juli setelah Euro 2020 dan Copa America ditunda satu tahun.

Namun, Shaw meyakini musim ini harus dibatalkan jika cara untuk memulai kembali kompetisi tidak dapat ditemukan.

"Mulai lagi. Jika kita tidak bisa melanjutkannya, musim ini harus batal," kata Shaw, berbicara di Twitch stream kompetisi FIFA 20 saat pengumpulan dana Combice Corona milik Unicef.

Sesungguhnya, Liverpool hanya membutuhkan enam poin untuk memenangkan gelar, tetapi mereka bukan satu-satunya klub yang akan dirugikan jika musim ini dihapuskan.

Karena hal ini juga akan mencegah United lolos ke Liga Champions. Tim Ole Gunnar Solskjaer terpaut tiga poin dari Chelsea yang berada di urutan keempat, tetapi posisi lima sudah cukup untuk lolos jika larangan Manchester City akibat melanggar Financial Fairplay dari kompetisi itu diberlakukan.

Dalam 11 pertandingan terakhir, Setan Merah tidak terkalahkan di semua kompetisi. "Itu sebabnya kami kecewa, karena kami benar-benar percaya diri dan hasilnya berjalan sesuai keinginan kami, tetapi yang paling penting adalah kehidupan," tambah Shaw.

Shaw sama sekali tidak mendukung ide memainkan pertandingan tersisa tanpa penonton, seperti yang United lakukan di pertandingan Liga Europa di LASK, laga tandang terakhir mereka sebelum penundaan.

"Fans sangat penting, Anda menyadarinya bahkan lebih-lebih sekarang," tambahnya. "Saya pikir olahraga ini benar-benar untuk para penggemar ... Saya pikir jika Anda tidak memiliki penggemar, dan Anda tidak bermain di depan para penggemar, itu terasa tidak tepat.

"Terutama pada hari pertandingan, para penggemar selalu luar biasa dan selalu membantu tim. Baik itu kandang atau bahkan tandang, para penggemar kami selalu brilian dan saya merasa seperti mereka selalu bersama kami."