Spotify Kids, Alternatif Hiburan Anak di Tengah Pandemi COVID-19
Spotify Kids (Spotify)

Bagikan:

JAKARTA - Spotify makin memperluas jaringan dan akses mereka dengan merilis Spotify Kids. Dilihat dari namanya, tentu saja mereka menargetkan anak-anak sebagai user dari konten terbaru ini.

Dirilis pada Oktober lalu, Spotify Kids mengembangkan jangkauan mereka dengan berkeskpansi ke Amerika Serikat (AS), Kanada, dan Prancis tepat pada hari ini, Rabu, 1 April.

Seperti menu Spotify pada umumnya, Spotify Kids menyediakan lebih dari 8 ribu lagu, 60 jam audiobook, dan kumpulan cerita dalam katalognya. Sesuai segmennya, Spotify Kids menyajikan konten cerita sebelum tidur berupa nyanyian dan musik yang menenangkan. Berbagai genre juga menjadi pilihan, di antaranya ada musik country, soul, dance, dan lain lain.

Walaupun memiliki banyak pengguna, nyatanya Spotify harus memutar otak untuk tetap memastikan pelanggan mereka bisa mengakses konten yang mereka miliki. Khususnya untuk anak yang masih dalam tahap perkembangan.

Spotify Kids disusun agar sang anak bisa ‘bertemu’ dengan lagu-lagu yang memang layak diperdengarkan sesuai usainya. Maka dari itu, Spotify Kids tidak menyusun algoritma tertentu - seperti YouTube - melainkan hanya memilih apa yang layak dimasukkan ke dalam situs mereka.

Jika Spotify biasa menyediakan kategori Film dan TV, Spotify Kids lebih ke ranah edukasi. Tetapi bukan berarti anak-anak tidak bisa mengakses kategori lain. Soundtrack Trolls World Tour adalah salah satu konten yang bisa mereka dengarkan.

Siapa yang mengerjakan konten di Spotify Kids? Dilansir dari TechCrunch, Spotify Kids dikurasi oleh para ahli dalam dalam bidang hiburan anak-anak termasuk Disney, Discovery Kids, Universal Pictures, Nickelodeon, dan masih banyak lagi. Orang-orang ini dipilih karena mereka tahu apa yang harus ‘dijual’ kepada orang tua yang membayar fasilitas ini.

Menjawab pandemi COVID-19 atau virus corona, Spotify Kids juga menyiapkan kampanye melalui daftar putar lagu berjudul Wash Your Hands yang berisi lagu-lagu yang mengajarkan anak etika bersin dan mencuci tangan, termasuk lagu terbaru Pinkfong berjudul Wash Your Hands with Baby Shark.

Sayangnya, Spotify Kids baru tersedia tiga negara yang disebutkan di atas plus Swedia, Denmark, Australia, Inggris, Meksiko, Argentina, dan Brasil. Spotify akan terus memperbarui aplikasi agar bisa tersedia di seluruh dunia.