Nostalgia Masa Lalu Lewat <i>Playlist Time Capsule</i> di Spotify
Ilustrasi Spotify (Image by StockSnap from Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Banyak dari kita di tahun 2020 ini merasakan kesedihan yang mendalam akibat berbagai musibah, termasuk pandemi COVID-19. Untuk itu, layanan streaming musik Spotify akan membawa penggunanya sedikit bernostalgia lewat lagu-lagu yang pernah ia putar di masa lalu.

Dijuluki Spotify Time Capsule, daftar putar ini dipersonalisasikan untuk membantu pendengar bernostalgia dengan masa lalu pada musik yang pernah mereka dengar, atau sering diputar.

Playlist baru ini dapat ditemukan di bagian Made for You atau di Decades Hub pada aplikasi seluler Spotify. Sedangkan, jika menggunakan Spotify versi desktop, tab Made for You dapat ditemukan di sidebar di kiri layar komputer, di bawah Your Library.

Setelah itu, pengguna akan langsung melihat daftar putar Time Capsule di bawah tajuk Uniquely Yours, di samping daftar putar pribadi lainnya seperti On Repeat (daftar lagu-lagu yang telah didengarkan berulang kali). 

Karena daftar putar benar-benar dibuat untuk pengguna dan berdasarkan negara tempat mereka tinggal, genre yang didengarkan, dan usia. Perlu diketahui, playlist ini tidak akan sama dengan pengguna lainnya. Selain itu, pengguna bisa men-shuffle dari daftar 50 lagu yang disediakan.

"Koleksi lagu adalah sebagai pribadi sebagai kenangan Anda, dan tidak ada dua pendengar memiliki campuran yang sama. Dan untuk hasil terbaik, Anda harus menggunakan Spotify selama beberapa tahun dengan rentang usia yang ditentukan, tidak termasuk anak-anak di bawah usia 16 tahun," ungkap Spotify seperti dikutip dari Billboard, Selasa 29 September.

Time Capsule (dok. Spotify)

Spotify mengatakan bahwa mereka memperhatikan betul pada peningkatan jumlah penggunanya yang mencari musik dari tahun 50-an, 60-an, 70-an, dan 80-an, yang diyakini oleh penulis ilmu perilaku David DiSalvo adalah tentang kenyamanan. Terutama sekarang kita berada di tengah pandemi global yang menyebabkan berbagai ketidakstabilan.

"Musik seperti bau, adalah salah satu hal yang memiliki akses langsung ke memori nostalgia langsung. Itu akan membawamu kembali ke tempat itu," ujar DiSalvo.