Dampak COVID-19, Musisi Hibur Penggemar Lewat <i>Live Streaming</i>
Chris Martin (Instagram @chrismartinfeed)

Bagikan:

JAKARTA - Mewabahnya COVID-19 atau virus corona nyaris di seluruh dunia tidak hanya berimbas pada sisi ekonomi dan politik, tetapi juga pada dunia hiburan. Tidak terhitung berapa banyak musisi yang harus membatalkan atau menunda penampilan mereka di sejumlah acara, baik lokal maupun internasional. Cara alternatif pun dilakukan agar tetap bisa ‘tampil’ yaitu dengan melakukan live streaming.

Teknologi internet yang saat ini berkembang tentunya memudahkan penggemar untuk mengakses konten yang dimiliki musisi idolanya. Dalam industri hiburan Korea Selatan, mereka punya perjanjian dengan layanan streaming V-LIVE dalam membuat konten untuk penggemar. Sang musisi bisa melakukan apa saja dalam videonya termasuk melakukan penampilan yang disaksikan eksklusif dan penggemar bisa menonton dengan membayar lewat koin.

Adapun bagi para musisi, melakukan live streaming merupakan - katakanlah - permintaan maaf sekaligus upaya untuk menghibur penggemar yang sudah membeli tiket. Dimulai pada 13 Maret lalu, penyanyi Lizzo melakukan meditasi grup melalui akun Instagram-nya. Ia sadar pemberitaan belakangan ini membangun sugesti tertentu di dalam diri. Tentunya hal ini tidak sehat dan menjadi beban.

Keesokan harinya, 14 Maret, produser sekaligus disc jokey (DJ), Diplo, membagikan hasil remix yang dinamakan Corona Sabbath lewat YouTube yang ia tampilkan bersama Rhye. Selama satu jam, penggemar bisa mendengar live set-nya yang berisi lagu-lagu yang ia gubah. Ia mungkin terinspirasi dari sebuah video yang memperlihatkan seseorang ber-DJ di atas balkon di tengah kondisi lockdown Italia.

Memasuki 16 Maret, semakin banyak musisi yang melakukan live streaming untuk penggemar lewat media sosial. Di antaranya ada Chris Martin dari Coldplay yang melakukan streaming dengan tagar #TogetherAtHome sebagai pengingat untuk berdiam diri di dalam rumah.

Selain itu ada Keith Urban, Hunter Hayes, Katharine McPhee dan David Foster, Pink, Yo Yo Ma, Yungblud, dan Jake Smith. Pemain selo Yo Yo Ma memainkan Sarabande yang diambil dari Bach’s Cello Suite No. 3 sebagai dukungan untuk para pekerja kesehatan.

Kemarin, 17 Maret, tidak hanya live streaming, musisi menggunakan kesempatan ini untuk membocorkan proyek baru yang sedang mereka kerjakan, misalnya Bono U2 yang memperdengarkan lagu bagu bertajuk Let Your Love Be Known lewat Facebook. Bebe Rexha juga memberi sedikit teaser untuk lagu Better Mistakes.

Sedangkan John Legend, Ben Gibbard dari Death Cab For Cutie, serta Garth Brooks membuat konser mini di dalam studio pribadi mereka. Begitu juga Miley Cyrus yang membuat serial Bright Minds bersama Demi Lovato dan melakukan live streaming lewat Instagram untuk panduan workout di rumah bersama Amy Schumer pada Rabu, 18 Maret, waktu Amerika Serikat.

Industri K-pop juga tidak ketinggalan melakukan ini. Penyanyi Baek Yerin yang semula dijadwalkan tampil di Head in the Clouds 2020 menghibur penggemar dengan melakukan live streaming set berjudul Anyway We Are Here!

Di Indonesia, langkah ini masih terbilang jarang namun beberapa musisi sudah mulai merencanakannya sambil mengampanyekan social distancing. Penyanyi Dira Sugandi menyanyikan lagu Angel milik Sarah McLachlan yang menjadi bagian dari #SongsofComfort. Selain itu, ada Danilla Riyadi yang akan tampil dengan band lewat live streaming yang tanggalnya belum diumumkan.

Ada pula Adnil Faisal. Mantan gitaris band Base Jam yang sedang menjalani karier solo ini rencananya akan tampil live di Instagram dalam format akustik. Penampilan ini rencananya akan berlangsung pada Sabtu mendatang jam 08.00 malam.

Live streaming menjadi salah satu alternatif untuk para musisi agar tetap bisa berkreasi di tengah pandemik corona ini. Penggemar juga bisa memberi dukungan dengan cara menonton streaming ini atau bahkan dengan membeli merchandise milik si musisi. Cara ini bisa menyeimbangkan ekosistem industri hiburan yang saat ini sedang berkembang pesat. Selalu ada cara untuk penggemar maupun sang artis agar tetap terkoneksi.