Cherrybelle Terbentuk Mengusung Konsep K-Pop yang  Kurang Tulen
Cherrybelle: (Foto: cherrybelle.fandom.com)

Bagikan:

JAKARTA -  'You are beautiful, beautiful, beautiful. Kamu cantik cantik dari hatimu. You are beautiful, beautiful, beautiful. Kamu cantik cantik dari hatimu'

Di atas adalah penggalan lirik dari judul lagu Beautiful yang dipopulerkan Cherrybelle. Lagu itu merupakan singel kedua Cherrybelle dan dirilis pada 2011.

Sejak saat itu, bisa dibilang demam K-Pop sudah dimulai. Setelah Cherrybelle pula, semakin bermunculan kelompok penyanyi boy gruop dan girl group. Cherrybelle menjadi salah satu girl group angkatan pertama selain 7icons. Meskipun konsep grup vokal mereka mengadopsi korean pop, ternyata tidak K-Pop-Kpop amat. 

Cherrybelle pertama kali dibentuk hari ini 27 Februari 2011. Kelompok vokal ini awalnya terdiri dari 9 orang di antaranya Devi Noviaty, Yefany F, Christy Saura Noela Unu, Jessyca Stefani Auryn, Brigitta Cynthia, Cherly Yuliana Anggraini, Anisa Rahma, dan Margareth Angelina U.T, dan yang sekarang istri dari artis Ruben Onsu, Sarwendah Tan. Namun belakangan, formasi tersebut sering berganti karena sirkulasi personel. 

Ilustrasi (Ilham Amin/VOI)

Dikutip kapanlagi.com, nama Cherry Belle diambil dari kata cherry (buah ceri) yang artinya manis, dan belle diambil dari bahasa Prancis yang artinya cantik. Sementara itu, nama para personil Cherrybelle semuanya diberi imbuhan Chibi yang merupakan singkatan dari Cherry Belle itu sendiri, dan juga diartikan kecil dan lucu. 

Girl group yang mengusung genre korean pop ini pertama kali memulai debutnya di acara musik Inbox pada 18 Juni 2011. Mereka tampil membawakan singel perdana mereka, Dilema yang juga merupakan hit singel dari mini album mereka.

Selama grup vokal itu berdiri, mereka sudah menelurkan empat album di antaranya Beautiful (2012), EP Diam Diam Suka (2013), Reborn (2015), dan Cherrybelle Compilation Album (2016).

Gonta-ganti member

Kendati mereka mengusung konsep K-Pop, namun tidak tulen. Mereka agaknya menabrak aturan tidak tertulis K-Pop yang tidak pernah gonta-ganti anggota. Karena takut dianggap kurang kompak dan tidak setia. 

Formasi 9 orang pada awal terbentuknya Cherry Belle hanya seumur jagung. Mengutip kompas.com, April 2012, ada dua member mereka yang menyatakan hengkang, yakni Devi Noviaty dan Sarwendah Tan. 

Dalam dunia korean pop, jika ada salah satu member dari girlgroup yang keluar biasanya tidak langsung digantikan dengan orang lain. Kelompok itu biasanya membiarkan membernya menjadi berkurang, atau bubar sekalian. 

Tapi Cherrybelle, setelah dua membernya hengkang, beberapa bulan kemudian malah menggelar ajang pencarian bakat dan merekrut member baru yakni Kezia dan Steffy. 

Pada Oktober 2013, salah seorang personel Cherrybelle Anisa juga mengikuti jejak Devi dan Sarwendah. Ia mengundurkan diri karena ingin melanjutkan studinya yang sempat terhenti selama dua tahun. 

Gelombang keluarnya anggota Cherrybelle mencapai puncaknya pada Juli 2015. Saat itu enam member Cherrybelle Cherly, Felly, Gigi, Kezia, Ryn, dan steffy memilih untuk tidak memperpanjang kontrak dengan managemen. Mereka akhirnya membentuk kelompok vokal baru yakni Mabelle. 

Praktis member Cherrybelle saat itu hanya tersisa Christy, Angel, dan Novi. Format tiga orang itu hanya bertahan tidak lama. Tiga bulan kemudian Cherrybelle punya tujuh member baru lagi yakni Christy, Novi, Laela, Onad, Yoeriche, Miftah, Ellen, Muti, dan Tata.

Keluar masuknya member Cherrybelle terus terjadi dalam beberapa tahun kemudian. Alasannya beragam ada yang karena ingin mengenakan hijab, sampai karena ingin menikah. Dan pada 2017 Cherrybelle sempat vakum untuk sementara. Sempat bertahan dengan format Christy, Onad, Muti, Tata, Atha, dan Fisca. Akhirnya mereka bubar juga. 

Untuk mengobati rasa rindunya, para mantan member Cherrybelle tampil lagi untuk mengenang 8 tahun Cherrybelle. Ada yang berbeda dari para mantan anggota Cherrybelle ini setelah 8 tahun mengudara. Kini mereka sudah menikah dan punya anak.

Dalam akun YouTube salah satu mantan anggota Cherrybelle Margareth Angelina, mereka menjawab tantangan dari para penggemarnya untuk menari sambil membawa anak. Ternyata meskipun sudah lama tak menjadi anggota Cherrybelle mereka terlihat masih kompak ketika memeragakan tarian Cherrybelle.