Metallica Batalkan Dua Konser untuk Pemulihan James Hetfield
James Hetfield (Twitter @metallica)

Bagikan:

JAKARTA - Metallica membatalkan dua pertunjukan utama festival yang akan berlangsung akhir tahun ini. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung proses pemulihan vokalis James Hetfield.

Sang frontman menjalani rehabilitasi pada September 2019 untuk menangani perjuangannya melawan kecanduan. Masalah kecanduan dan alkoholisme Hetfield sebelumnya dirinci dalam film dokumenter Some Kind of Monster yang dirilis pada 2004.

Metallica tidak lagi menjadi penampil utama di festival Sonic Temple Columbus pada bulan Mei dan Louder Than Life Louisville pada September. Mereka akan digantikan oleh Red Hot Chili Peppers and Tool.

Penampil lain dalam dua acara tersebut termasuk Epicenter, Welcome To Rockville, dan Aftershock akan tetap berjalan sesuai rencana.

Dalam sebuah surat kepada para penggemar, Hetfield menjelaskan alasan mundurnya Metallica dari festival tersebut. “Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan saya untuk tetap sehat, saya memiliki jadwal pemulihan krusial pada akhir pekan yang tidak dapat dipindahkan,” tulisnya.

“Saya meminta maaf kepada semua penggemar kami yang telah membeli tiket untuk festival ini. Kami bekerja sama dengan promotor festival untuk menyediakan pengembalian uang atau pertukaran. Maksud saya dengan pernyataan ini adalah ‘Saya mohon maaf’ kepada Anda semua." 

"Kenyataannya adalah bahwa saya belum memprioritaskan kesehatan saya dalam tahun tur yang lalu dan saya sekarang tahu bahwa kesehatan mental saya lebih utama. Itu mungkin terdengar seperti tidak ada masalah bagi sebagian besar dari Anda, tetapi saya tidak ingin mengecewakan tim/keluarga Metallica dan, saya sendiri, sepenuhnya berkompromi dengan diri saya sendiri."

Hetfield menambahkan pembaruan dalam perjalanannya sejauh ini. Ia mengatakan terapinya berjalan dengan baik dan dia optimistis tentang berkah yang telah diberikan kepadanya dan apa yang akan terjadi di masa depan.

"Menjadi manusia dalam karier (seperti) ini memiliki tantangan besar dan bisa sangat sulit," pungkasnya. “Pemahaman Anda membantu proses penyembuhan (saya)."

Pekan lalu (20 Februari), Hetfield memberikan penampilan publik pertamanya sejak memasuki rehabilitasi. Sang musisi muncul di sebuah acara penghormatan untuk mendiang Eddie Money, yang meninggal pada September tahun lalu.