Ada Alasan Mengapa Eminem Tampil di Oscar 2020
Rapper Eminem (Instagram @eminem)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam perhelatan Oscar 2020 kemarin, rapper Eminem secara mengejutkan tampil menyanyikan lagu Lose Yourself. Ini jadi penampilan pertama kalinya Eminem, setelah namanya sempat dipanggil 17 tahun lalu untuk naik ke atas panggung Academy Awards.

Sejatinya lagu berjudul Lose Yourself ini, harusnya dibawakan Eminem saat menerima penghargaan untuk Best Original Song pada Oscar 2003. Namun lagu yang menjadi soundtrack film 8 Mile itu, tak jadi dibawakannya. Piala tersebut kemudian diterima oleh kolaboratornya, Luis Resto.

Kini, rapper bernama asli Marshall Mathers itu secara mengejutkan tampil kembali di atas panggung Oscar 2020. Penampilan Eminem juga diikuti beberapa cuplikan klip film 8 Mile.

Dilansir dari Variety, Eminem mengungkapkan alasannya kenapa tidak tampil pada malam anugerah Oscar 17 tahun lalu. Menurutnya saat itu, ia tak cukup pantas menerima penghargaan seperti Oscar. 

“Tetapi ketika saya melihat saya menang, “Itu gila!” untuk saya acara penghargaan yang otentik dan benar-benar seperti acara penghargaan - ketika Anda tidak muncul dan Anda masih menang. Itu terasa nyata bagi saya.”

Eminem juga mengaku dirinya tidak mengetahui sebuah lagu bisa mendapatkan Oscars. Apalagi ini adalah penghargaan pertama Oscar yang ia terima. 

Sehingga ia merasa kebingungan ketika lagunya masuk ke dalam jajaran nominasi Best Original Song. Ia juga mempertegas alasan tidak tampil dalam acara Oscar saat itu juga bukan karena lagu Lose Yourself mengandung kata-kata kasar. “Itu tidak benar.”

Berakting dalam film 8 Mile merupakan pengalaman pertama rapper ini terjun ke dunia akting dan ia tidak terlalu menikmati karier tersebut. Namun, bukan berarti tidak ada keseruan dalam proses produksi hanya saja ia tidak terbiasa dengan jadwal orang lain.

Sementara itu, Best Original Song pada acara penghargaan Oscar 2020 dimenangkan oleh (I’m Gonna) Love Me Again dari Elton John dan Taron Egerton untuk film Rocketman. Lagu ini sangat ‘Elton John-esque’ ditambah dengan Egerton yang dipercaya untuk menyanyikan lagu ini.