أنشرها:

JAKARTA - Dalam upaya untuk meningkatkan keterlibatan penggemar, turnamen tenis Wimbledon tahun ini akan mengadopsi komentar dan analisis berbasis kecerdasan buatan (AI), yang memungkinkan penggemar untuk mengakses analisis yang disesuaikan dengan pemain yang mereka ikuti.

Dalam pengumuman tanggal 21 Juni dari All England Lawn Tennis Club (AELTC) dan perusahaan teknologi IBM, turnamen tenis tertua di dunia mengungkapkan rencananya untuk mengadopsi teknologi baru ini di berbagai platform online mereka.

Dikembangkan dengan kerja sama antara AELTC, fitur komentar AI baru yang didukung oleh teknologi WatsonX dari IBM akan menghasilkan audio dan teks untuk video sorotan pertandingan. Fitur inovatif ini dirancang untuk memberikan wawasan tentang momen-momen kunci menggunakan bahasa yang khusus untuk tenis.

"Kami terus berinovasi bersama mitra kami di IBM untuk memberikan pengalaman digital yang informatif dan menarik bagi penggemar Wimbledon, di mana pun mereka berada di dunia," kata Usama Al-Qassab, direktur pemasaran dan komersial di AELTC, dikutip Cointelegraph.  Dia menambahkan bahwa fitur-fitur AI ini akan memungkinkan penggemar untuk mengakses komentar pada "berbagai jenis pertandingan."

Sementara komentar manusia mencakup "lapangan utama" Wimbledon selama pertandingan-pertandingan utama, acara lain seperti pertandingan senior, junior, dan kursi roda tidak memiliki komentar ahli khusus.

IBM, yang telah menjadi mitra resmi dari Kejuaraan Wimbledon sejak tahun 1990, menawarkan berbagai alat analisis berbasis AI, termasuk "Power Index" pemain, wawasan pertandingan, dan sorotan pribadi. Fitur analisis undian juga akan memperkenalkan statistik baru yang menilai keuntungan setiap pemain dalam mencapai final tunggal.

Menurut Jonathan Adashek, wakil presiden senior pemasaran dan komunikasi di IBM, perusahaan ini menyadari potensi teknologi AI untuk meningkatkan acara olahraga besar seperti Wimbledon dan menarik audiens yang lebih besar dengan memberikan pengalaman digital yang luar biasa.

Menurut laporan, para peneliti IBM telah bekerja pada perangkat lunak AI dengan kemampuan untuk memberikan komentar secara langsung pada pertandingan olahraga sejak tahun 2019. Baru-baru ini, perusahaan tersebut dilaporkan telah menambahkan komentar yang dihasilkan oleh AI pada klip turnamen golf Masters Tournament pada bulan April.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)