Mulai 1 November, Kamboja Suntik Vaksin Sinovac untuk Anak Usia 5 Tahun

JAKARTA - Kamboja mulai menginokulasi anak-anak berusia lima tahun di seluruh negeri dengan vaksin Sinovac COVID-19 China. Penyuntikan dimulai Senin, 1 November, kata Kementerian Kesehatan setempat.

"Anak-anak berusia lima tahun di seluruh 25 kota dan provinsi akan menerima dua dosis vaksin Sinovac mulai 1 November 2021 dan seterusnya dan interval antara dosis pertama dan kedua adalah 28 hari," kata Menteri Luar Negeri Or Vandine dikutip dari Channel News Asia.

Saat membawa anak-anaknya untuk disuntik, orang tua atau wali yang sah harus membawa akte kelahiran, buku catatan keluarga atau paspor, katanya.

Langkah terbaru terjadi setelah negara Asia Tenggara itu memberikan setidaknya satu dosis vaksin Covid-19 kepada 13,7 juta orang berusia enam tahun ke atas, atau 85,6 persen dari 16 juta penduduknya, kata kementerian itu.

Dari mereka, 13,05 juta, atau 81,6 persen, telah divaksinasi lengkap dengan kedua suntikan yang diperlukan, dan 1,83 juta, atau 11,4 persen, telah menggunakan dosis ketiga atau dosis penguat, tambahnya.

Sebagian besar vaksin Covid-19 yang digunakan dalam kampanye vaksinasi kerajaan adalah Sinovac dan Sinopharm China.

Hingga Minggu, Kamboja telah mencatat total kumulatif 118.321 kasus Covid-19 dan 2.773 kematian, berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins.