Operator Seluler Utama Korea Selatan KT Alami Serangan Siber, Layanan Komunikasi hingga Internet Tidak Bisa Diakses

JAKARTA - Operator seluler utama Korea Selatan KT Corp., mengumumkan mendeteksi serangan penolakan layananan terdistribusi (DDoS) terdistribusi, menyebabkan gangguan layanan secara nasional, Senin.

Mengutip Yonhap 25 Oktober, pengguna jasa KT di seluruh Korea Selatan mengalami kesulitan dalam menggunakan beberapa layanan, antara lain internet, jaringan telepon dan layanan pembayaran, mulai sekitar pukul 11.00 waktu setempat.

Serangan DDoS mengacu pada situasi di mana banyak komputer yang terinfeksi diarahkan untuk mencoba berkomunikasi dengan satu komputer lain, membanjiri bandwidth koneksinya dan membuat pengguna yang sah tidak dapat mengakses situs.

Sementara melansir The Korea Herald, perusahaan mengatakan gangguan terbaru disebabkan oleh "serangan DDoS skala besar di jaringan." KT mengatakan sedang bekerja untuk memperbaiki masalah secepat mungkin.

Hingga siang hari, KT tampaknya telah memulihkan sebagian besar layanan internetnya, meskipun gangguan terus berlanjut di beberapa wilayah.