Gim Sepak Bola FIFA Akan Hilang, Begini Kata Bos EA Sports

JAKARTA – Electronic Arts selaku pengembang gim sepak bola populer FIFA mengumumkan bahwa EA Sports tidak akan menggunakan nama FIFA lagi. Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh General Manager EA Sports, Cam Weber di laman resmi perusahaan.

Dia mengungkapkan bahwa nama ‘FIFA’ memiliki lisensi terpisah dengan lembaga olahraga FIFA yang berbasis di Zurich, Swiss. Pasalnya, EA Sports rutin membayar lisensi kepada FIFA atas penggunaan nama tersebut dalam gim sepak bola besutannya. EA Sports membayar lisensi kepada lebih dari 17.000 atlet, 700 tim, 30 liga berbeda, dan 300 mitra berlisensi individu.

“Melihat ke depan, kami memikirkan untuk mengganti nama game sepak bola EA Sports,” kata Weber.

Dia juga menambahkan bahwa pihak EA Sports tengah meninjau ulang perjanjian penggunaan nama FIFA yang terpisah dari semua kemitraan dan lisensi resmi lain di dunia sepak bola.

Meski bos EA Sports mengungkapkan rencana tersebut, namun nama gim sepak bola FIFA sudah akrab di telinga para penggemarnya. Pasalnya merk FIFA sendiri sudah digunakan oleh EA Sports sejak tahun 1995. Sebagai informasi, gim sepak bola FIFA 22 berhasil memecahkan rekor pengguna terbanyak dengan catatan game sudah dimainkan oleh sebanyak 9,1 juta orang dalam waktu satu pekan.

Kompetitor EA Sports, Konami dilaporkan sudah terlebih dulu mengganti nama gim Pro Evolution Soccer menjadi eFootball. Meski begitu, hingga saat ini EA Sports belum mengumumkan nama baru buat gim sepak bola tersohor tersebut.