Elon Musk ingin Kembangkan Chip Neuralink yang Bisa Memutar Musik

JAKARTA - CEO Tesla Elon Musk selalu memiliki inovasi yang tidak biasa. Kali ini, dia baru saja mengungkapkan keinginannya untuk mengembangkan chip Neuralink yang bisa mengalirkan musik ke otak.

Mengutip Digital Trends, bos perusahaan teknologi itu, ingin mengembangkan chip Neuralink yang bisa diperintah melalui gelombang otak. Musk bahkan memastikan teknologi ini akan segera hadir dalam waktu dekat. 

"Jika kita menerapkan Neuralink, dapatkah kita mendengarkan musik langsung dari chip kita? Fitur hebat." Tidak lama, jawab musk dengan membalas tweet "Ya," Kamis, 23 Juli. 

Selain itu, Musk juga menjelaskan kepada pengguna Twitter lain bahwa chip Neuralink juga dapat digunakan untuk membantu pasien dengan gangguan obsesif komplusif. Menurut Musk, chip Neuralink juga dapat mengontrol kadar hormon, membantu meredakan kecemasan dan beberapa masalah mental lainnya.

Musk ingin menggunakan Neuralink untuk membantu dalam perawatan gangguan otak, meningkatkan kinerja otak manusia dan bertindak sebagai jembatan dalam menggabungkan manusia dengan kecerdasan buatan.

Diketahui, mereka yang ingin memasukkan chip Neuralink ke otak, maka harus melalui proses yang mirip seperti operasi mata dengan menggunakan teknologi laser.

Kendati demikian, belum diketahui hingga kini kapan fitur maupun teknologi baru ini akan segera dipasarkan. Namun, Musk baru-baru ini mengatakan bahwa akan ada pembaruan kemajuan pada 28 Agustus.

Sebagai informasi, Neuralink didirikan pada 2016 dan sejak saat itu, perusahaan hanya mengadakan satu presentasi publik tentang bagaimana teknologi akan bekerja. Sedangkan pada 2019, Musk mengatakan bahwa Neuralink sedang mengembangkan perangkat seperti mesin jahit yang akan menyediakan koneksi langsung antara komputer dan sebuah chip yang dimasukkan ke dalam otak.