Tutup Perdagangan Awal Pekan, Harga Bitcoin Kembali Hijau Segar

JAKARTA - Nilai tukar Bitcoin dan cryptocurrency kembali menunjukkan penyegaran. Meski belum bisa menembus harga 10 dolar AS per koin, namun mata uang digital ini terkoreksi positif.

Mengutip Coindesk, pukul 16.53 WIB, harga Bitcoin (BTC) kembali pulih di angka 9,3 dolar per koin. Angka ini terkoreksi positif di level 0,02 persen dalam 24 jam terakhir. 

Demikian juga dengan nilai tukarnya terhadap rupiah, sekitar Rp134 juta per koin. Kendati mengalami lonjakan tipis, namun tren penurunan harga bitcoin masih terhitung sedikit dalam setahun terakhir. 

Penguatan juga dialami Ethereum (ETH) pada penutupan marketplace hari ini yang terkoreksi 1,51 persen dengan harga pasaran terakhir di angka 243 dolar AS per koin. Tren positif juga dialami Litecoin (LTC) dan Bitcoin Cash (BCH) pada level 0,06 hingga 1,01 persen. 

Marketplace bitcoin sore ini (tangkapan layar Coindesk)

"Kami melihat lonjakan ini terjadi ketika jaringan chainlink semakin ditingkatkan penggunaannya untuk memperkuat DeFi (desentralisasi keuangan), yang menghubungkan jaringan komoditas dengan harga crypto," kata Vance Spencer, co-founder dari chainlink investor Framework Ventures, seperti dikutip dari Forbes, Senin 13 Juli.

Dirinya meyakini, harga komoditas dari crypto akan kembali naik dalam beberapa bulan terakhir. Sehingga investor bitcoin dan cryptocurrency lainnya yang telah membeli tidak akan terdorong oleh rasa takut akan kehilangan harga.