Patroli di Intan Jaya, Petugas Temukan Senpi, Amunisi Hingga Mi Sedap Milik Kelompok Teroris Sabinus Waker

PAPUA - Anggota Batalion Infantri Para Raiders 501/BY menyita sejumlah barang di Kampung Bugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Terdapat satu pistol dan senjata laras panjang rakitan beserta amunisinya, mi sedap 4 bungkus, lilin, rokok hingga peralatan masak. 

Komandan Batalion Infantri 501/BY, Letnan Kolonel Infantri Arfa Yudha mengakui, temuan-temuan itu didapat di salah satu honai di Kampung Bugapa. 

"Memang benar saat anggota patroli di sekitar kawasan itu yang dipimpin Letnan Satu Infantri Yulian Nugroho," kata Yudha saat dihubungi dari Jayapura, Antara, Senin, 6 September.

Penyitaan bermula saat petugas melakukan patroli di lokasi dan curiga pada salah seorang warga yang melarikan diri.

Kemudian mereka memeriksa di dalam honai dan menemukan senjata-senjata api beserta amunisinya. Temuan itu langsung dibawa ke pos.

Diduga semua senjata api dan amunisi itu milik kelompok separatis dan teroris Sabinus Waker, walau dalam patroli itu tidak ada anggota kelompok separatis dan teroris yang ditangkap.

Pada pertengahan Agustus lalu Batalion Infantri Para Raiders 501/BY menangkap dua anggota kelompok separatis teroris itu, Boy Tipagau dan Jerianus Sani, di Kampung Galunggama, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya.

Keduanya diduga pelaku pembakaran pesawat terbang MAF di kampung Pagamba, Distrik Biandoga, pada 6 Januari lalu dan kasusnya kini ditangani Polres Nabire.