Makin Diminati, Eurex Segera Luncurkan Pasar Berjangka Bitcoin

JAKARTA - Bitcoin (BTC) berjangka pertama di Eropa akan diluncurkan bulan depan di pasar derivatif terbesar di benua itu, Eurex. Dalam siaran pers yang dikeluarkan pada Selasa, 24 Agustus, penyedia sekuritas beragunan aset digital ETC Group mengatakan bahwa produk Bitcoin ETN Futures akan mulai diperdagangkan pada 13 September.

ETC Group telah mengoperasikan produk yang diperdagangkan di bursa (ETP) Bitcoin yang pertama di dunia, yang dikenal sebagai BTCetc Physical Bitcoin (BTCE).

Diluncurkan pada Juni 2020 di Deutsche Boerse, sekarang ada beberapa ETP kripto dari perusahaan. Tiga di antaranya juga akan mulai diperdagangkan di Wiener Boerse – bursa saham Wina.

Pergerakan itu terjadi di tengah meningkatnya permintaan investor untuk produk institusional yang terkait dengan Bitcoin dan altcoin, dengan Eropa secara tradisional menyediakan lingkungan yang lebih ramah daripada Amerika Serikat, yang menyeretnya karena persetujuan dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin (ETF).

Dengan demikian, Eurex akan menjadi tuan rumah kontrak berjangka Eropa pertama berdasarkan kripto ETP mulai bulan depan.

“Mengingat meningkatnya permintaan institusional untuk eksposur yang aman terhadap Bitcoin, kami senang untuk mulai mendaftarkan Bitcoin ETN berjangka ini pada perdagangan teregulasi dan infrastruktur kliring kami di Eurex,” kata anggota dewan eksekutif Eurex, Randolf Roth.

“Langkah ini akan memungkinkan lebih banyak pelaku pasar untuk berdagang dan melakukan lindung nilai Bitcoin, dengan masa depan baru ini diperlakukan dengan cara yang sama seperti kontrak derivatif lainnya dalam hal kliring terpusat, jaring, dan manajemen risiko,” tambah Roth.

Bitcoin diperdagangkan pada 49.700 dolar AS pada 24 Agustus, turun sekitar 1% pada hari itu setelah secara singkat melewati angka 50.000 dolar AS.

Seperti yang dicatat Cointelegraph, sentimen investor institusional perlahan kembali mendukung eksposur portofolio kripto.

Konon, instrumen institusional seperti Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) telah tertinggal di belakang lonjakan harga spot, menandakan bahwa serapan belum kembali ke level pasar bull yang terlihat sebelum tertinggi sepanjang masa Bitcoin pada bulan April.

Premi GBTC — biaya tambahan dari saham Trust dibandingkan dengan harga spot BTC — terus melayang di wilayah negatif, sama dengan perdagangan saham dengan harga diskon.