IHSG Akhir Pekan Dibuka Menguat 0,30 Persen ke Level 4.911,23

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat pada perdagangan Jumat 26 Juni. IHSG dibuka menguat 0,30 persen atau 14,50 poin ke level 4.911,23.

Membuka perdagangan, 30 saham menguat, 14 saham melemah, dan 19 saham stagnan. Volume perdagangan tercatat 19,99 juta lembar saham dan ditransaksikan senilai Rp11,30 miliar.

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama memproyeksi IHSG hari ini bergerak naik. "Adanya potensi penguatan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke resistance terdekat," katanya.

Berdasarkan analisis secara teknikal, level resistance yang dimaksud Nafan berada pada rentang antara 4.975 dan 5.097. Sedangkan area support pada perdagangan hari ini, ada di level 4.865 hingga 4.778.

Adapun sejumlah rekomendasi saham yang dapat menjadi pertimbangan investor, antara lain PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Elnusa Tbk (ELSA), PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP), PT Matahari Department Store Tbk (LPPF), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), dan PT Pakuwon Jati Tbk (PWON).

Sementara analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi menyebutkan secara teknikal laju IHSG memang tampak masih melemah, namun pergerakannya tetap berada dalam tren positif.

Lebih lanjut Lanjar mengatakan, sejauh ini pergerakan IHSG masih akan bergerak moderat dalam kecenderungan mencoba untuk menutup pergerakan di zona hijau, dengan rentang support-resistance di level 4.830-4.965.

Di tengah peluang penguatan IHSG pada perdagangan hari ini, Lanjar menyodorkan sejumlah saham yang bisa dimainkan pelaku pasar, yakni PT Barito Pacific Tbk (BRPT), PT Summarecon Agung Tbk (SMRA), PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Indosat Tbk (ISAT), dan PT XL Axiata Tbk (EXCL).