Cara Mendengarkan Musik Lossless Audio dan Hi-Res dari HP Android

YOGYAKARTA - Bagi pemilik ponsel iPhone, aplikasi Apple Music menawarkan pengalaman musik yang lebih optimal. Didukung fitur canggih seperti lossless audio, speaker Dolby Atmos, serta Spatial Audio, pengguna benar-benar dimanjakan saat mendengarkan musik tertentu.

Memang, ada sebagian pengguna yang lebih memilih aplikasi pihak ketiga. Misal Spotify atau Tidal. Yang kedua menjadi aplikasi pemutar musik yang paling banyak dipasang oleh pengguna iPhone.

Beruntungnya, Anda tidak perlu memiliki perangkat iPhone jika ingin mencicipi seluruh fitur audio canggih tersebut. Pasalnya, Anda juga bisa mendengarkan lossless audio lewat perangkat Android.

Memang, dari segi kualitas, tentu tidak sebagus audio yang dihasilkan perangkat Apple. Tapi, tetap saja, penambahan fitur ini bisa membuat pengalaman mendengarkan musik terasa berbeda.

Untuk pengguna yang penasaran, tim VOI sudah rangkumkan cara mendengarkan musik lossless audio dari Apple Musik lewat Android. Langsung simak saja penjelasan di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Lossless Audio Milik Apple Musik di HP Android

Perlu Anda catat, fitur lossless audio hanya bisa Anda rasakan lewat perangkat tambahan seperti headphone kabel atau speaker. Fitur ini tidak akan bisa diaktifkan jika Anda mendengarkan musik lewat earphone, speaker, atau headphone dengan koneksi bluetooth.

Pasalnya, Bluetooth tidak memiliki bandwith yang cukup untuk memutar musik berkualitas lossless. Dan batasan tersebut juga hadir pada iPhone. Bahkan, AirPods Max dan AirPods Pro pun tidak bisa memutar lossless audio pada Apple Musik.

Lebih lengkap, ponsel Android Anda harus dibekali DAC agar bisa memutar audio Hi-Res. Sekali lagi, syarat-syarat ini harus dipenuhi jika Anda ingin mencicipi lossless audio milik Apple Music pada perangkat Anda.

Jika syarat-syarat di atas sudah Anda penuh, sisanya adalah menjalankan langkah-langkah di bawah ini supaya bisa mendengarkan Apple Music pada perangkat Android.

  1. Unduh dan pasang aplikasi Apple Music pada perangkat Anda
  2. Ketuk ikon titik tiga yang terletak di pojok kanan atas untuk masuk ke menu Pengaturan
  3. Setelah itu, ketuk menu Audio Quality yang terletak di bawah menu Audio. Aktifkan menu Lossless Audio dengan menggeser toogle yang terletak di sampingnya
  4. Terakhir, pilih kualitas streaming audio saat memutar musik menggunakan data Jaringan Seluler atau Wi-Fi.
  5. Sebagai catatan, karena audio yang diputar berkualitas tinggi, maka konsumsi data pun akan semakin banyak. Jadi, jangan kaget jika konsumsi kuota internet Anda membengkak

Anda bisa menyimpan 3.000 musik berkualitas tinggi dengan ruang penyimpanan sebesar 10GB. Sementara itu, untuk kualitas lossless, jumlah lagu yang bisa Anda simpan cuma 1.000 saja. Pasalnya, jenis file lossless audio lebih besar ketimbang jenis audio biasa.