Ini Alasan Lady Antebellum Ganti Nama Jadi Lady A

JAKARTA - Lama berkarier, Lady Antebellum mengumumkan pergantian nama band menjadi Lady A pada Jumat, 12 Juni waktu Indonesia. Pernyataan ini disampaikan melalui media sosial band tersebut bersamaan dengan bergantinya username mereka menjadi @ladya.

Dibentuk sejak 2006, band country ini baru menyadari kata Antebellum merujuk kepada perbudakan. “Ketika kami bergabung 14 tahun lalu, kami menamakan band kami karena gaya perumahan selatan ‘antebellum’ ketika kami mengambil foto pertama. Sebagai musisi, hal itu mengingatkan kami akan lahirnya musik di selatan yang menginspirasi kami… rock selatan, blues, R&B, gospel, dan tentunya country.”

Kemudian mereka menyesal asosiasi kata yang dipilih disambungkan ke periode sejarah sebelum perang saudara, yang salah satunya adalah perbudakan. “Kami meminta maaf untuk sakit hati yang dirasakan dan untuk semua orang yang merasa tidak aman, tidak terlihat, dan tidak ternilai,” lanjut band beranggotakan Dave Haywood, Hillary Scott, dan Charles Kelley ini.

Karena hal tersebut, mereka berdiskusi dan memilih membuat sebuah perubahan dimulai dari mengganti nama band mereka. Situasi yang dialami warga Amerika Serikat belakangan ini menjadi renungan bagi mereka. “Tempat tersembunyi yang kami tidak tahu keberadaannya kini hadir.”

Lady Antebellum berjanji akan selalu mengedukasi diri dengan situasi ini untuk bertumbuh menjadi musisi dan manusia yang lebih baik. “Kita bisa menjadi teman bagi mereka yang mengalami ketidakadilan lisan dan tak terucapkan, yang akan memengaruhi anak-anak dan generasi kita yang akan datang,” ujar pelantun Need You Now ini.

Sebelum Lady Antebellum, ada Brian Imanuel atau Rich Brian yang juga mengganti nama panggungnya. Mengawali karier bermusiknya dengan nama Rich Chigga, ia mengganti nama menjadi Rich Brian karena merasa teledor dengan pemilihan nama sebelumnya. Tak diduga, karier Rich Brian kini cukup mentereng.

Sementara itu Lady A, baru-baru ini mengikuti acara Songland di NBC dan membuat sebuah lagu berjudul Champagne Night. Lagu ini bisa didengarkan melalui layanan musik digital.