Mengenal Tapera sebagai Produk Investasi dan Rumah Murah Bagi yang Membutuhkan

Your browser doesn’t support HTML5 audio

JAKARTA - Pembicaraan mengenai Tapera tak ada habisnya dalam beberapa hari belakangan. Kehadirannya di tengah pandemi menjadi polemik tersendiri. Apalagi Tapera akan memotong gaji pengusaha dan pekerja secara wajib. Kewajiban ini dilandasi dengan asas gotong royong yang menjadi pribadi bangsa Indonesia. Namun, bisa saja di tengah keributan ini, Tapera malah menjadi solusi.

Tapera adalah bentuk kepedulian negara akan rumah pertama bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Selain itu, fungsi Tapera adalah sebagai produk investasi jangka panjang bagi masyarakat yang tidak masuk dalam kategori MBR atau yang sudah memiliki rumah pertama. Manfaat Tapera tentu saja diharapkan dapat digunakan oleh masyarakat baik yang belum memiliki rumah pertama, maupun sebagai investasi jangka panjang.

Rencananya, implementasi PP Tapera akan dimulai tahun 2021 nanti. Adanya PP ini dianggap penting untuk keberlangsungan operasionalnya. Hal ini disampaikan oleh Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR, Eko Djoeli Heripoerwanto dalam press briefing virtual tentang Penyelenggaraan dan Manfaat Tapera untuk Pekerja hari Jumat kemarin yang disiarkan channel YouTube KemenPU.

Komisioner BP Tapera, Adi Setianto mengatakan bahwa Tapera dapat menjadi solusi untuk menghimpun dana murah jangka panjang dan berkelanjutan untuk pembiayaan perumahan yang layak dan terjangkau, serta untuk mewujudkan mimpi rumah bersama. Menurutnya saat ini, KPR jangka panjang memiliki biaya yang mahal. Apalagi prinsip Tapera adalah gotong royong dengan konteks sistem jaminan sosial nasional, bukan hanya faktor tempat tinggal saja.

Tapera masih memiliki jalan panjang, implementasi pun baru akan dimulai tahun 2021. Namun, yang perlu menjadi catatan adalah Tapera menggunakan prinsip investasi. Iuran Tapera pun juga bersifat wajib. Sebetulnya tak ada yang salah dengan hal ini. Uang yang nantinya kita tabung selama bekerja juga akan kembali ke kita beserta bunganya, bila sesuai dengan yang dijanjikan. Dalam hal investasi, tidak boleh memberikan jaminan apapun. Hal ini tentu saja menjadi catatan penting bagi Tapera jika ingin dianggap sebagai institusi yang kredibel.

Siniar VOI kali ini akan membahas secara jelas tentang Tapera. Silakan tekan tombol dengarkan dan kami akan bercerita untuk Anda.