Jika Berminat, Facebook Buka Lowongan Kerja untuk Jadi Bos WhatsApp Indonesia

JAKARTA - Facebook semakin serius untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Mereka bahkan sedang mencari orang untuk mengisi jabatan pemimpin (Country Head) WhatsApp Indonesia.

Hal itu diketahui dari pembukaan lowongan kerja pada halaman karir di situs resmi Facebook. Dituliskan kalau, Facebook mencari orang untuk bekerja sebagai kepala perwakilan WhatsApp di wilayah Indonesia. 

"WhatsApp mencari individu yang luar biasa untuk memimpin perusahaan kami di Indonesia. Ini adalah posisi kepemimpinan senior yang mensyaratkan pengalaman dalam membangun kemitraan dan pengembangan bisnis di Indonesia secara efektif," tulis Facebook di kolom karirnya.

Tangkapan layar lowongan kerja sebagai Head Country of WhatsApp Indonesia (Facebook)

Nyatanya ini memang bukan kejutan besar dari Facebook, sebab platform media sosial ini memang sedang mengembangkan bisnisnya di kawasan Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Hal ini terlihat dari suntikan dana segar Facebook melalui WhatsApp Pay ke Gojek. 

Sehingga besar kemungkinan WhatsApp memerlukan orang dengan pengalaman ekstra untuk bekerja sama dalam ekosistem Gojek nantinya. Di mana salah satu kualifikasi yang dibutuhkan adalah pengalaman di bidang e-commerce.

Beban tanggung jawab dari pekerjaan ini juga tidaklah mudah. Sebagai kepala perwakilan dari kantor cabang WhatsApp Indonesia akan berada di bawah superfisi Chief Operating Officer WhatsApp, Matthew Idema.

Beragam pekerjaan akan menanti, bagi siapa saja yang tertarik mengisi posisi ini. Mulai dari mengeksekusi strategi untuk meningkatkan penggunaan dan revenue WhatsApp di Indonesia, serta menjadi perwakilan WhatsApp saat berhubungan dengan klien, pemerintah, regulator ataupun konsumen.

"Mereka juga harus punya kemampuan yang sudah terbukti dalam membangun hubungan dengan stakeholder baik internal ataupun eksternal, menangkap peluang bisnis, memimpin tim yang beragam, serta punya keterampilan komunikasi dan presentasi yang hebat," lanjut Facebook pada daftar kualifikasinya.

Facebook menyebut, posisi ini terbuka untuk umum tanpa terkecuali. Jadi siapapun boleh mendaftar, termasuk mereka penyandang disabilitas, dengan syarat memiliki kualifikasi pengalaman kurang lebih 15 tahun dalam bisnis media sosial. Berminat?