Pakai XL Home Main Game di TV Bisa Lewat Smartphone

JAKARTA - Operator telekomunikasi XL Axiata menghadirkan layanan game di rumah yang bisa dimainkan pelanggannya, lewat televisi. Tanpa menggunakan konsol game apapun, pengguna XL Home bisa bermain game di TV cukup dengan smartphone mereka.

Layanan ini teralisasi berkat kerja sama XL Axiata dengan AirConsole, sebuah perusahaan soscial gaming asal Swiss yang bisa menghadirkan layanan game di TV. Untuk bisa memainkan game di TV, pengguna cukup mengakses aplikasi AirConsole yang sudah terinstal di XL Home Entertainment Box dan menghubungkannya dengan aplikasi di smartphone

"Kerja sama kami dengan AirConsole ini memungkinkan pelanggan yang juga gamer, untuk main game yang dia sukai di layar televisinya di rumah, meskipun itu bukan smart TV dan tidak memiliki konsol permainan," ujar Direktur Corporate Strategy & Business Development XL Axiata Abhijit Navalekar dalam siaran persnya, Jumat, 5 Juni.

Menurut Abhijit, XL Home Entertainment Box mampu menyulap televisi biasa milik pelanggan menjadi smart TV dan bisa mengakses beragam tayangan hiburan berkualitas. Terlebih hadirnya layanan game dari AirConsole ini akan menambah saluran hiburan yang bisa dinikmati oleh pengguna mereka selagi bekerja dan beraktivitas di rumah. 

Ilustrasi main game di TV lewat Smartphone (dok. XL Axiata)

Dijelaskannya XL menawarkan akses gratis untuk bisa memainkan semua game di AirConsole hingga tanggal 3 Juli 2020. Meski setelahnya penawaran itu akan berakhir, pengguna masih bisa memainkan beberapa judul game yang disediakan atau melanjutkan untuk berlanggan AirConsole Hero jika ingin mendapatkan kembali akses penuh. 

"Dengan AirConsole, operator dengan Android TV dapat memberikan pengalaman konsol dan tanpa mengirim perangkat keras tambahan kepada pelanggan mereka." kata Anthony Cliquot, Chief Operating Officer AirConsole, dalam keterangan yang sama.

Dari sisi jaringan, XL Axiata sendiri telah memperluas wilayah jangkauannya. Di mana XL Home telah menjangkau lebih dari 300.000 rumah di Jabodetabek melalui jaringan fiber optic. 

Pengembangan wilayah jangkauan ini merupakan respons atas peningkatan minat masyarakat untuk bisa mendapatkan layanan internet fiber broadband di rumah. Selain Jabodetabek, jaringan XL Home juga telah menjangkau ke beberapa kota besar seperti Bandung, Surabaya, Malang, dan Solo pada Juni 2020. Tak hanya di Pulau Jawa, ekspansi XL Home juga akan menjangkau Denpasar, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin, dan Banjarbaru.