Pemain Glee Buka Suara Terkait Hujatan Terhadap Lea Michele

JAKARTA - Lea Michele mendapat hujatan dari warganet setelah co-star komedi musikal Glee, Samantha Ware menyebut Michele membuat hidupnya seperti 'neraka hidup' saat syuting Glee pada 3 Juni. Ini berawal ketika Michele menulis tentang George Floyd dengan tagar BlackLivesMatter di Twitter-nya.

Ware langsung mengutip cuitan tersebut dengan menulis, “Ingatkah ketika kamu membuat gig televisi pertama saya seperti neraka hidup?!?! Karena saya tidak akan pernah lupa.”

Samantha Ware bahkan mengaku hal tersebut membuatnya trauma dan mempertanyakan kariernya di Hollywood. Cuitan tersebut direspons para pemain Glee lainnya yang mengapresiasi cuitan pemain What/If ini.

Lea Michele membalas dengan mengunggah sebuah pernyataan di Instagram. “Ketika saya tidak ingat saya pernah membuat pernyataan spesifik seperti ini dan saya tidak pernah menghakimi orang lain dari latar belakang maupun warna kulitnya, namun itu bukanlah poinnya. Apa yang penting adalah saya melakukan sesuatu yang menyakiti orang lain,” katanya.

Meskipun sudah mengeluarkan pernyataan maaf secara resmi, namun aktor-aktor yang pernah beradu peran buka suara terkait sikap diskriminasi yang dilakukan Lea Michele.

Heather Morris yang pernah bermain dengan Michele dalam Glee menyebutkan “Untuk Lea memperlakukan orang lain dengan sikap yang ia lakukan selama apa pun yang ia lakukan, saya percaya ia harus ditegur. Dan ya, ini juga karena kami membiarkan hal tersebut berlangsung tanpa berbicara jadi ini sesuatu yang kami pelajari.”

Gerard Canonico yang membintangi Spring Awakening bersama Michele menulis kembali komentarnya di unggahan Michele. “Kamu adalah mimpi buruk bagi saya dan pemain lainnya. Kamu membuat kami tidak layak berada di sana. Saya mencoba bertahun-tahun untuk baik terhadapmu. Mungkin sebenarnya minta maaf dibandingkan menyalahkan orang lain yang menegurmu. Kamu pasti akan menghapus (komentar) ini.”

Pemain Glee lainnya, Dabier Snell, menulis, “Kamu tidak memperbolehkan saya duduk dengan dengan pemain lain karena saya tidak layak di situ,” katanya dalam huruf kapital.

Melissa Benoist, Abigail Breslin, Amber Riley, Yvette Nicole Brown, dan Alex Newell juga menyuarakan tindakan rasisme yang dilakukan Michele. Riley bahkan mengatakan, karena isu ini, kotak pesannya penuh dengan cerita artis berkulit hitam tentang diskriminasi yang dilakukan artis berkulit putih apalagi mereka yang menjadi bintang utama sebuah tontonan.

Warganet menganggap permintaan maaf Lea Michele tidak tulus. Dalam kolom komentar, beberapa pengguna juga menuliskan pengalaman yang kurang menyenangkan saat bertemu dengan Michele.

HelloFresh, sebuah lini yang baru bekerja sama dengan Lea Michele langsung mengakhiri hubungan kemitraan mereka. Michele belum memberikan respons apa pun terkait hal ini.