Jadwal Sisa La Liga Musim Ini Bakal Dimainkan Senin dan Jumat

JAKARTA - Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (RFEF) akan memberi izin La Liga untuk menggelar pertandingan setiap Senin dan Jumat ketika kompetisi kembali bergulir. Ini dilakukan untuk memfasilitasi perampungan musim 2019-20.

Pengumuman itu dikeluarkan meskipun pengadilan komersial Spanyol mendukung RFEF dalam pertempuran hukum dengan La Liga terkait berlangsungnya pertandingan pada Senin dan Jumat malam. Federasi sebelumnya berpendapat bahwa penjadwalan permainan pada hari-hari tersebut harus mendapat persetujuan mereka.

"Sebuah tindakan sementara dilakukan musim ini di mana pertandingan Jumat malam diizinkan, tetapi untuk hari Senin tidak," demikian pernyataan RFEF sebelumnya yang dilansir dari Football Espana, Kamis, 28 Mei.

Namun, RFEF mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka ingin menunjukkan itikad baik dengan mengizinkan La Liga untuk bermain di kedua hari tersebut pada musim ini. Tentu saja jika musim 2019-20 dilanjutkan setelah ditangguhkan akibat pagebluk COVID-19.

Pernyataan ini juga sekaligus mengingatkan La Liga bahwa hakim mendesak setiap negosiasi di masa depan mengenai gelaran pertandingan pada hari-hari tersebut dilakukan dengan itikad baik juga.

Pernyataan itu mengatakan: "RFEF menunjukkan kepuasan maksimal atas pernyataan yang dikeluarkan pagi ini oleh hakim komersial nomor dua Madrid, di mana ia menolak permintaan La Liga dan menyatakan bahwa perselisihan pertandingan pada hari Jumat dan Senin membutuhkan persetujuan dari RFEF.

"RFEF selalu yakin bahwa ada alasan dalam masalah ini.

"Selanjutnya, RFEF ingin menunjukkan dengan jelas niat baiknya, memfasilitasi musim berakhir dengan lancar.

"Oleh karena itu, kami menawarkan La Liga - tanpa menghubungkannya dengan awal negosiasi - bahwa pertandingan dapat dimainkan pada hari Jumat dan Senin, yang termasuk dalam kalender, dari dimulainya kembali kompetisi dan sampai akhir musim ini, tanpa meminta apa pun selama satu setengah bulan ini."