Darurat COVID-19, Kegiatan DPR Dibatasi Mulai Pekan Depan

JAKARTA - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pihaknya akan membatasi kegiatan di lingkungan parlemen mulai pekan depan. Menyusul adanya sejumlah anggota dan para pimpinan komisi yang terkonfirmasi positif COVID-19.

“Kegiatan DPR mulai pekan depan akan dibatasi, sangat dibatasi kehadirannya mengikuti ketentuan yang berjalan saat lonjakan tinggi," ujar Dasco, Kamis, 17 Juni.

"Diharapkan dengan tingkat kehadiran yang sangat kecil, dan banyak dilakukan sebagian besar virtual bisa mengantisipasi lonjakan di DPR RI,” lanjutnya.

Dasco menjelaskan, hari ini akan ada digelar rapat badan musyawarah (Bamus) untuk memantau perkembangan situasi COVID-19 di lingkungan DPR. 

"Ada beberapa komisi yang sudah melakukan lockdown sehingga nanti di bamus akan diputuskan langkah ke depannya,” katanya.

Selanjutnya, kata Dasco, juga akan ada peningkatan protokol kesehatan. Setiap komisi akan rutin melakukan PCR baik terhadap anggota maupun staf dan TA.

“Kadang-kadang kita tidak mengetahui kapan, tetapi untuk protkes tetap diadakan PCR itu selalu rutin diadakan,” jelasnya.

Namun, Dasco menegaskan, para anggota dewan tetap melakukan rapat-rapat di komisi sebagaimana mestinya.

“Kita akan lihat sampai lonjakan covid di DPR ini akan reda, yang penting nanti kita akan atur sedemikian rupa bagaimana supaya tugas-tugas yang anggota tetap berjalan dengan apa sebagaimana mestinya,” ujar Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini.