Indonesia vs Vietnam: Evan Dimas Kembali Bertemu Pemain yang Membuatnya Naik ke Kursi Roda, Eks Bek Heerenven Doan Van Hau

JAKARTA - Malam itu, di Stadion Rizal Memorial Filipina, Selasa, 10 Desember 2019, harapan Timnas sepak bola Indonesia meraih emas di Sea Games, kembali kandas. Evan Dimas Darmono dkk takluk dari Vietnam di partai final dengan skor cukup telak 0-3.

Indonesia harus kembali merasakan jadi nomor dua untuk yang ke sekian kalinya di pesta olahraga se-Asean. Penampilan memukau Garuda sejak babak penyisihan sirna di laga puncak.

Masyarakat Indonesia tentu merasa kecewa. Namun bukan itu saja, karena yang paling dirasakan pecinta sepak bola Tanah Air di penghujung tahun 2019 itu adalah kekesalan kepada salah satu pemain Vietnam yang dianggap mencederai Evan Dimas hingga sang gelandang harus berada di kursi roda pada akhir laga.

Para pemain Vietnam memang bermain keras pada saat itu. Pelatih Vietnam Park Hang-seo seperti menginstruksikan itu agar mampu meredam skill individu para penggawa Garuda.

Vietnam berhasil? Bisa dibilang demikian jika melihat dari skor akhir laga. Pemain Indonesia pun dibuat minim peluang, sementara Vietnam berhasil menceploskan tiga gol, dua dari skema set-piece.

Namun demikian, permainan Vietnam dikecam para pecinta Timnas Indonesia. Pasalnya, Evan Dimas menjadi korban karena harus menderita cedera serius akibat ditekel Doan Van Hau, dan harus ditarik ke luar digantikan Syahrian Abimanyu pada menit ke-25.

>

Jika melihat tayangan ulang, tekel yang dilancarkan bek tengah Timnas Vietnam itu memang perlu diperdebatkan. Terlihat ada unsur kesengajaan, karena bola masih berada di tengah lapangan, bukan berada di wilayah berbahaya Vietnam.

Do Van Hau terlihat "mengambil" engkel Evan Dimas. Padahal motor permainan Timnas Indonesia itu cuma dalam posisi baru saja melepas passing di wilayah pertahanan Garuda.

Tak ayal, Do Van Hau mendapat hujatan deras dari para netizen Tanah Air. Unggahan Do Van Hau selepas Vietnam menjuarai Sea Games 2019 itu dihujani ribuan komentar, hingga akhirnya sang pemain membatasinya. 

Evan Dimas, seperti kita ketahui, adalah pemain yang tak tergantikan perannya di Timnas. Sejak debut untuk Timnas Senior pada pada 2014, ia selalu menjadi pilihan utama siapapun pelatih yang menangani Garuda.

Nah di Sea Games 2019, penampilan Timnas Indonesia nyaris tanpa cela. Dimotori Evan Dimas, tim asuhan Indra Sjafri mampu lolos ke final dengan catatan hebat, 5 kali menang dengan menorehkan 21 gol dan hanya kebobolan empat kali.

Kekalahan di final tentu menjadi antiklimaks. Memang, Garuda sering seperti itu, spesialis runner up Asia Tenggara.

Tapi di Sea Games 2019 kekesalan fans tak seperti biasanya, karena efek dari tekel horor Doan Van Hau. Anggapannya, Timnas Indonesia bisa meraih hasil lebih baik andai Evan Dimas tak dibuat cedera parah.

Tekel Do Van Hau masih membekas hingga sekarang. Dan pada Senin 7 Juni ini, Evan dan Doan Van Hau bakal dipertemukan kembali di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022.

Akan tetapi, ada keraguan Doan Van Hau bakal diturunkan. Mantan bek Heerenveen ini seperti kena kutukan pasca mencederai Evan Dimas.

Doan Van Hau mengalami cedera parah beberapa kali. Kariernya bersama klub Eredivisie SC Heerenveen jauh dari kata sukses, sehingga membuat girang pecinta Timnas Indonesia.

Meski dibawa dalam laga melawan Indonesia nanti, pelatih Park Hang-seo mungkin harus berpikir ulang jika harus memainkan Doan Van Hau. Pasalnya sang pemain sudah lama absen merumput di lapangan hijau akibat cedera lutut sejak akhir 2020.

Di lain pihak, Evan Dimas sedang dalam kepercayaan diri tinggi usai memimpin pasukan Garuda menahan imbang Thailand 2-2 pada 3 Juni lalu. Gelandang Bhayangkara FC itu menyumbang 1 gol dan bermain bagus sepanjang laga.

Evan Dimas usai mencetak gol ke gawang Thailand. (Foto: Dok. PSSI)

Adapun Vietnam masih memimpin klasemen Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dengan poin 11. Pasukan Park Hang-seo tentu dihinggapi rasa optimis mampu lolos dari Grup ini, di mana salah satu awalnya adalah dengan mengalahkan Indonesia.

Bahkan Park Hang-seo sempat berujar, jika gagal mengalahkan Indonesia, dirinya akan mengundurkan diri dari kursi pelatih Vietnam. Janji yang menarik untuk ditunggu.

Tak hanya itu, pecinta sepak bola Tanah Air juga ingin kembali melihat Doan Van Hau kembali merumput. Dirinya sudah ditunggu jutaan penggemar Timnas Indonesia yang "kangen" melihat performanya di atas lapangan.

Laga seru ini akan kembali ditayangkan secara langsung oleh stasiun televisi SCTV dan layanan streaming MOLA TV pada pukul 23.45. Selamat bertanding Garuda!

Prakiraan Susunan Pemain:

Vietnam (4-4-2): Bui Tan Truong; Ho Tan Tai, Vu Van Thanh, Do Duy Manh, Doan Van Hau; Luong Xuan Truong, Nguyen Quang Hai, Phan Van Duc, Nguyen Tuan Anh; Nguyen Cong Phuong, Ha Duc Chinh

Pelatih: Park Hang-seo (Korea Selatan)

Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Arif Satria, Pratama Arhan; Syahrian Abimanyu, Kadek Agung; Egy Maulana Vikri, Evan Dimas, Adam Alis; Kushedya Yudo