Waspada COVID-19: Jika Terpapar, Simak Tips dan Promo Kesehatan dari SehatQ

JAKARTA - COVID-19 masih ada harus selalu diwaspadai. Menjaga kesehatan adalah wajib, namun juga perlu melakukan pemeriksaan kesehatan apabila mengalami gejala yang mengarah ke infeksi virus COVID-19.

Sekarang tidak sulit melakukan pemeriksaan terkait COVID-19. Apalagi di SehatQ, masih tersedia promo-promo kesehatan terkait COVID-19.

SehatQ merupakan platform kesehatan online berbasis teknologi yang memungkinkan untuk melakukan konsultasi kesehatan melalui Chat maupun Telekonsultasi dengan dokter pilihan. Namun selain itu, usaha rintisan yang telah berdiri sejak tahun 2018 ini juga memiliki sejumlah layanan yang memungkinkan untuk membeli peralatan ataupun jasa kesehatan dengan harga yang relatif miring.

Banyak promo kesehatan di SehatQ yang membuat biaya pelayanan kesehatan menjadi lebih terjangkau. Hal ini termasuk layanan-layanan yang mengarah pada antisipasi COVID-19-19 maupun pemeriksaaan kesehatan pasca terkena virus tersebut.

Antisipasi dengan Tes

Tes untuk mengecek positif atau tidaknya terkait infeksi virus corona baru adalah jalan terbaik untuk mengantisipasi COVID-19 sedari awal. Jangan tunggu gejalanya parah.

Jika merasa tidak enak badan disertai gejala yang mengarah kepada flu, lebih baik segera lakukan minimal tes swab antigen untuk melihat ada tidaknya infeksi COVID-19.

Tes swab antigen dapat menjadi deteksi awal adanya virus corona di dalam tubuh atau tidak. Prosedur pemeriksaan ini mendeteksi antigen dalam dalam tubuh.

Jika didapati ada antigen yang dikeluarkan oleh virus corona baru, bisa jadi di dalam tubuh memang tengah berlangsung infeksi COVID-19. Antigen sendiri merupakan protein yang dikeluarkan oleh virus, termasuk COVID-19 dan dapat terdeteksi ketika ada infeksi yang sedang berlangsung dalam tubuh seseorang.

Tes swab antigen dinilai lebih akurat untuk melakukan deteksi COVID-19 dibandingkan tes rapid. Pemeriksaan ini bahkan kerap menjadi acuan izin untuk seseorang melakukan perjalanan.

Pemeriksaan tes ini pun terbilang murah, bahkan bisa mendapatkan harga yang lebih miring dengan memanfaatkan promo kesehatan dari SehatQ. Ada rata-rata ada diskon hingga 40 persen untuk pemeriksaan swab antigen.

Hanya saja, Anda perlu mengingat, bagaimana tes swab antigen tidak dapat dijadikan sebagai bahan diagnosis Covid-19. Tes ini hanya untuk mendeteksi kasus suspek pada wilayah yang tidak memiliki fasilitas untuk pemeriksaan swab PCR.

Dalam kasus swab antigen dengan hasil negatif, tidak menyingkirkan kemungkinan seseorang terinfeksi virus Sars-CoV-2. Pemeriksaan yang lebih akurat melalui tes PCR tetap diperlukan.

Pemeriksaan pasca COVID-19

Selain pemeriksaan untuk mendeteksi ada tidaknya infeksi COVID-19, juga bisa melakukan pemeriksaan pasca COVID-19 dengan berburu vouchernya di promo kesehatan SehatQ.

Dijamin, harganya menjadi lebih terjangkau, dari jutaan rupiah menjadi ratusan ribu rupiah. Promo kesehatan untuk pemeriksaan pasca COVID-19 di SehatQ meliputi pemeriksaan hematologi, SRBD, CRP, bahkan sudah sampai konsultasi dengan dokter.

Pemeriksaan pasca terinfeksi COVID-19 perlu Anda lakukan sebab sebagian besar pasien yang dinyatakan sembuh dari virus ini lewat tes PCR ternyata masih memiliki sejumlah gejala yang mengarah pada infeksi.

Beberapa gejala COVID-19 yang seringkali masih tersisa, antara lain sesak napas, dada berdebar, nyeri sendi, nyeri kepala, mudah lelah, kecemasan berlebih, juga indra penciuman yang belum berfungsi optimal.

Beragam gejala tersebut umumnya disebabkan oleh sisa infeksi COVID-19 yang membuat jaringan parut di paru-paru penderita. Jaringan tersebut umumnya baru akan hilang dalam jangka waktu 12 - 24 bulan pasca infeksi mereda.

Karena alasan inilah, penting melakukan pemeriksaan kesehatan pasca COVID-19. Tujuannya untuk mengetahui seberapa parah jaringan parut yang tersisa dan bagaimana terapi yang tepat untuk menanganinya.

Rehabilitas pasca COVID-19 tentunya mesti dilakukan secara bertahap, terukur, terencana, dan teratur oleh bimbingan dan saran dokter. Lewat pemeriksaaan awak, dokter bisa merencanakan rehabilitasi sesuai dengan kebutuhan dan masing-masing. Bahan pertimbangan dokter yaitu efek dari infeksi COVID-19 yang dialami pasien tergolong ringan, sedang, atau berat.

Jadi, jangan ragu untuk berburu promo kesehatan dari SehatQ. Screening lebih awal terkait infeksi maupun sisa infeksi bisa membuat gejala dialami tidak terlanjur parah dan sulit ditangani.