Siapa Rosano Barack, Ayah Mertua Syahrini dan Pebisnis yang Dekat dengan Klan Soeharto

JAKARTA - Nama Rosano Barack sebagai pengusaha sukses di Tanah Air memang tidak setenar penyanyi kondang Syahrini yang menjadi salah satu icon diva Indonesia. Namun, Rosano Barack sejatinya merupakan ayah mertua dari penyanyi populer tersebut.

Hubungan Rosano makin terikat lantaran sang anak, yakni Reino Barack memutuskan untuk mempersunting wanita yang akrab dipanggil “princess” itu pada awal 2019 silam.

Rosano Barack sendiri bukan merupakan nama sembarangan dalam dunia perkonglomeratan nasional. Dirinya diketahui merupakan orang ‘lingkar dalam’ saat Presiden Soeharto masih berkuasa.

Rosano disebut berkarib dengan Bambang Trihatmodjo yang tidak lain adalah putra dari Soeharto. Konon, hubungan pertemanan mereka sudah terjalin tatkala keduanya masih berseragam putih-merah saat bersekolah SD di kawasan Cikini.

Tak lekang oleh waktu, ikatan persahabatan berlanjut hingga dewasa. Hal tersebut dibuktikan pada 1981 ketika Rosano diajak Bambang mendirikan entitas usaha bernama PT Bimantara Citra yang merupakan cikal-bakal PT Global Mediacom saat ini.

Komitmen Rosano mendapat ujian hebat 17 tahun kemudian. Tepat pada 21 Mei 1998, Soeharto lengser dari posisinya sebagai orang nomor satu di republik ini. Saat orang-orang terdekat menjauh dari ‘Keluarga Cendana’, Rosano memilih untuk setia berada di gerbong Orde Baru.

Pembuktian itu diperlihatkan Rosano ketika menerima tanggung jawab untuk memimpin PT Global Mediacom pada 29 Mei 1998 atau beberapa hari setelah tumbangnya Presiden ke-2 RI tersebut.

Sejak saat itu, gurita bisnis Rosano seolah tak terbendung. Sejumlah sektor strategis dan posisi penting berada di bawah kendalinya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun redaksi, konglomerat berdarah Jepang ini adalah Direktur Utama Plaza Indonesia Realty Tbk yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan paling prestisius di Jakarta. Terbaru, perusahaan dengan kode saham PLIN tersebut baru saja membukukan rugi bersih Rp575,18 miliar pada 2020.

Padahal di periode 2019, Plaza Indonesia masih mencatat laba bersih Rp532,69 miliar. Ditengarai, faktor pandemi menjadi penyebab anjloknya cuan PLIN pada sepanjang tahun lalu.

Selain menjadi bos super mall, Rosano juga mempunyai bisnis yang terafiliasi dengan PT Nusadua Graha International, PT Panasonic Manufacturing Indonesia, PT Panasonic Gobel Indonesia dan PT Jababeka Plaza Indonesia.

Mengutip data yang dilansir oleh marketscreener.com, ayah kandung Reino Barack ini ditaksir mempunyai kekayaan publik sebesar 8,04 juta dolar AS atau setara dengan Rp114,7 miliar (kurs Rp14.274). Bahkan, dalam sebuah laporan disebutkan bahwa ayah mertua Syahrini tersebut digadang-gadang menguasai harta tidak kurang dari Rp490 miliar.

Petualangan karir Rosano Barack memang penuh dinamika. Bak senandung yang dilantunkan oleh sang menantu, sejatinya kehidupan ini merupakan sebuah perjalanan: maju-mundur cantik!