Cara Facebook-Instagram Meramaikan Bulan Suci Ramadan

JAKARTA - Media Sosial Facebook dan Instagram punya cara tersendiri untuk memeriahkan bulan suci Ramadan. Lewat serial daring bertema Ramadan, kedua media sosial ini menyiapkan berbagai aktivitas bermanfaat untuk penggunanya.

Pertama, Facebook memiliki tayangan berjudul 'Stories of Ramadan' yang bekerjasama dengan kreator dan blogger Nuseir Yassin atau lebih dikenal sebagai Nas Daily. Tayangan perdana dari serial Ramadan ini sudah mengudara sejak 23 April kemarin. 

Dijelaskan Yassin, serial ini akan menceritakan seluk beluk tentang bulan suci Ramadan, terlebih di tengah pandemi COVID-19. Sebanyak delapan episode, Nas akan menampilkan beragam tradisi Ramadan baik di Indonesia dan negara-negara mayoritas muslim lainnya. 

Selain menayangkan serial ramadan, Facebook juga berencana menggelar kegiatan bazaar. Hal ini memberikan kesempatan bagi pengguna individu maupun pelaku UMKM untuk melakukan virtual bazaar melalui platform Facebook.

"Pertama ada yang namanya bazaar di rumah. Tujuannya untuk teman-teman UKM kita yang impact-nya paling besar. Oleh karena itu disiapkan wadah untuk bisa berjualan, bisa berinteraksi langsung," ungkap Country Director Facebook di Indonesia, Pieter Lydian dalam konferensi video.

Pieter juga mengatakan semenjak diberlakukan kebijakan physical distancing, pengguna Facebook melalui ponsel meningkat dengan pesat. Untuk itu Facebook akan menghadirkan beragam kegiatan digital dan informasi seputar COVID-19, dengan cara kreatif dan mudah dipahami publik. 

Tak hanya itu, platform media sosial milik Mark Zuckerberg ini juga telah menghibahkan dana senilai 100 juta dolar Amerika Serikat (AS) guna membantu 30.000 UMKM di seluruh dunia termasuk Indonesia, yang terdampak COVID-19. Para pelaku usaha bisa mendaftar program intensif Facebook ini dnegan cara membuat tayangan edukatif selama bulan ramadan. 

"Brand memiliki peluang untuk menciptakan hubungan yang bermakna selama bulan Ramadan dengan menjadi layanan bagi pengamat dan mengambil nilai-nilai dan isu-isu penting bagi masyarakat. Peluang bisnis ada selama bulan itu, ini adalah waktu khusus untuk masyarakat, terutama sekarang ketika ada krisis di tangan," ujar pihak Facebook dalam keterangan resminya.

Terdapat pula program #RamadanBareng bersama kreator dan stasiun televisi. Diketahui ini akan berlangsung selama bulan Ramadan, dan bekerja sama dengan para kreator juga penyedia konten, untuk membuat konten-konten yang relevan serta menarik di Facebook. Termasuk menyajikan acara musik, memasak, siraman rohani, dan lainnya. 

Sedangkan Instagram, juga akan menyajikan serial bertema bulan suci ramadan untuk menemani para penggunanya jelang buka puasa atau lebih dikenal dengan ngabuburit. Acara "Ngabuburit di Instagram" dan melalui IG Live dari 27 April sampai 3 Mei 2020.

Adapun cara lainnya untuk melakukan hal-hal baik di bulan Ramadan, Instagram telah menggandeng kreator lokal untuk menyerukan kampanye #MonthofGood atau #BulanKebaikan secara global. Salah satu kampanye tersebut yakni menyajikan dua filter AR khusus untuk menyambut Ramadan. Kedua filter ini merupakan kolaborasi dengan kreator lokal Noorman Fakhrizal yang lebih dikenal dengan username @karetsatu.

"Filter pertama akan berisi ide-ide kebaikan yang bisa dilakukan pengguna Instagram secara virtual di bulan Ramadan, misalnya dengan menyapa teman yang sudah lama tidak bertemu. Untuk filter kedua, masyarakat Indonesia bisa menunjukkan karakter mereka selama Ramadan dan Idul Fitri di Instagram. Misalnya dari makanan favorit mereka atau tradisi ngabuburit favorit mereka," terang Communications Manager Instagram APAC Putri Silalahi.