Viral Emak-Emak Terobos Tol Angke, Polisi Sebut Pengendara Tak Paham GPS

JAKARTA - Polisi mengamankan seorang ibu berinisial B yang viral karena menerobos Tol Angke 1, Jakarta Utara, dengan motor. Dari pemeriksaan diketahui ibu ini tak paham menggunakan sistem navigasi GPS.

"Yang bersangkutan tidak mengerti dan menggunakan GPS (versi) mobil punya kemudian diarahkan ke pintu tol dan dia ikuti," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Selasa, 27 April.

Emak-emak ini diketahui juga belum lama tinggal di Jakarta. Pemotor ini menggunakan GPS untuk pulang ke rumah hingga akhirnya diarahkan masuk ke jalan tol.

"Pengakuannya tidak terlalu hafal dengan jalan Jakarta. Kemudian jalan menggunakan GPS yang ada tapi diarahkan masuk ke jalan tol," kata Yusri.

"Dengan polosnya kenapa masuk? Dia bilang soalnya kebetulan punya kartu tol katanya. Dia buka dengan polosnya. Dia memang bukan asli orang Jakarta, dia orang Kepri," sambung Yusri.

Ibu-ibu pengendara motor ini terlacak lewat nomor polisi kendaraannya, B 3055 PCB. Terdeteksi alamat pemilik kendaraan di wilayah Tangerang Selatan.

"Pengendara motor itu datang ke kantor polisi untuk mengakui perbuatannya" kata Yusri.

Terkait kejadian ini, pemotor dikenakan Pasal 278 UU Lalu Lintas dengan sanksi denda Rp500 ribu.